0

TUJUH TIPS AGAR ANAK SEHAT dan GEMUK

TUJUH TIPS AGAR ANAK SEHAT dan GEMUK. trik katakatamutiaracinta. Anak merupakan anugerah atau kado terindah bagi setiap pasangan suami istri. Rasanya amat bahagia melihat anak tumbuh  dengan baik, sehat wal-afiat dan gemuk. Apalagi jikalau anak kita juga berkembang menjadi anak yang cerdas.

Nah, lalu apa yang harus kita lakukan untuk membantu anak kita menjadi sehat dan gemuk sesuai harapan kita?

Berikut kita simak tips tipsnya Bunda…. lets to read there!!!

 

 

TUJUH TIPS AGAR ANAK SEHAT dan GEMUK

TUJUH TIPS AGAR ANAK SEHAT dan GEMUK

http://www.freedigitalphotos.net/images/download-free.php?id=584003&key=7eba6f01

TUJUH TIPS AGAR ANAK SEHAT dan GEMUK

  1. Cari tahu penyebabnya.

Pertama kita harus mencari tahu kok kenapa anak kita memiliki badan yang sulit gemuk. Ada kemungkinan karena sakit. Jika karena sakit, kita harus menyembuhkan anak dari penyakit tersebut dengan jalan mencari obat atau konsultasi ke dokter anak. Namun jangan khawatir ya bunda, setelah sembuh biasanya anak akan bertambah nafsu makannya. Selain itu berilah nutrisi yang baik agar berat badannya bertambah.

  1. Berikan Asupan Gizi Seimbang

Jika anak sulit gemuk bukan karena penyakit, maka kita perlu cari tahu makanan sehari-harinya. Tentu saja menu gizi yang terdapat dalam makanan itu sendiri. Apakah makanan asupan harian sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan umur dan aktivitas. Jika anak-anak termasuk aktif, dengan sendirinya, asupan makanan harus lebih dalam jumlah kandungannya. Bila berat badannya tak kunjung naik berarti asupannya tak memenuhi kebutuhannya.

  1. Mengatur jadwal makan anak

Dalam kasus jadwal makan harus diperhatikan waktu. Ingat, perut anak kosong setiap 3-4 jam. Karena biasanya makan sekitar 7 kali sehari yang terdiri dari makanan padat 3 kali dan beristirahat nutrisi tambahan untuk anak-anak berusia 1 tahun ke atas. Jadi jangan mentang-mentang mau anak gemuk lalu dipaksa makan setiap jam, padahal belum waktunya makan. Cara pemberian makan juga penting, anak tak boleh dipaksa . Misal, pada anak periode 6-9 bulan, periode kritis di mana anak belajar mengkoordinasi otot-otot menelan dan mengunyah. Sehingga bila diperkenalkan makanan padat, pada umur-umur sekian kadang dilepeh/dimuntahkan kembali. Nah, orang tua sering menginterpretasikan bahwa si anak tak mau makan atau tak senang makanannya. Padahal sebetulnya belum terampil. Karena orang tua cemas, buru-buru diberikan makanan yang cair-cair saja. Lama-lama jadi kebiasaan.

  1. Berikan konsumsi makanan yang sehat

Walau menginginkan anak menjadi gemuk kita juga tetap pilih-pilih dalam memberi makan anak. Agar kebutuhan nutrisi anak terjamin maka kita harus memberikan makanan yang kaya akan vitamin,karbohidrat dan mineral seperti roti, kacang-kacangan, buah, sayur, dan maanan yang kaya akan protein seperti ikan dan telur

  1. Berikan Aneka Juice Buah & Smoothies

Cara membuat anak menjadi sehat dan gemuk juga bisa dengan memberinya minuman yang sehat. Shake, jus buah dan juga smoothies adalah salah satu minuman yang bergizi. Selain itu, ia juga mempunyai kandungan kalori yang tinggi serta sangat kaya akan gizi.

  1. Hindari Anak Makan Makanan Cepat Saji atau junk food

Sudah banyak ketahui bahwa makan cepat saji kurang sehat apabila kita konsumsi karena mengandung gula, garam, lemak jenuh yang tinggi. Bila Anda ingin anak yang sehat dan gemuk, cobalah hindari makanan yang cepat saji. Memang dengan makanan junk food ini anak bisa cepat bertambah gemuk. Namun tidak dengan kesehatan. Justru sebaliknya, jika kita makan maka anak menjadi tidak sehat.

  1. Berikan Nutrisi Alami Penambah Nafsu Makan Anak

Pentingnya memberikan nutrisi pendamping bagi si kecil cukup penting dalam menemani tumbuh kembang anak. Misalnya, madu. Madu kaya akan semua vitamin yang sangat baik untuk pertumbuhan anak seperti vitamin A, B, D, E, dan K. selain itu madu juga mudah diserap tubuh. Madu juga kaya zat besi dan hemoglobin yang sangat berperan dalam kecerdasan anak. Kandungan levulosa di dalam madu berfungsi sebagai stimulant pencernaan bagi sang anak yang membantu meningkatkan nasfsu makan anak.

Semoga informasi ini bermanfaat yah bunda!

Fitriani Fajri

Leave a Reply