Terapi Rasulullah Untuk Orang Yang Terkena Sengatan Binatang

Terapi Rasulullah Untuk Orang Yang Terkena Sengatan Binatang adalah ruqyah ilahiyah. Dijelaskan dalam Shahihain dari hadis Abu Sa’id al-khudri, dia berkata “Serombongan sahabat Rasulullah Saw mengadakan suatu perjalanan sehingga mereka sampai di suatu perkampungan Arab. Setelah sampai diperkampungan itu, mereka minta agar penduduknya menjamu mereka. Tetapi para penduduk tidak mau. Tiba-Tiba pemimpin kampung terkena sengatan. Sudah kesana kemari mereka berupaya mengobatinya, tetapi tidak ada hasilnya.

Terapi Rasulullah Untuk Orang Yang Terkena Sengatan Binatang

Terapi Rasulullah Untuk Orang Yang Terkena Sengatan Binatang

sumber gambar: http://www.freedigitalphotos.net/

Terapi Rasulullah Untuk Orang Yang Terkena Sengatan Binatang

Kemudian diantara mereka ada yang mengajukan usul. “Bagaimana bila kalian menemui rombongan yang baru datang tadi? mungkin diantara mereka ada yang bisa megobati.”

lalu penduduk kampung mendatangi rombongan itu, dan berkata, “Wahai para rombongan, pemimpin kami terkena sengatan, kami telah mencari obat kesana-kemari tetapi tidak membuahkan hasil apapun. Apakah diantara kalian ada yang bisa mengobatinya?”

Salah seorang dari rombongan itu menjawab “Ya demi Allah, aku bisa meruqyah, tetapi saat kami minta untuk dijamu, kalian tidak mau. Jadi, kami tidak akan meruqyah kecuali kalian memberikan imbalan.”

Akhirnya mereka pun sepakat dengan memberikan sejumlah kambing kepada rombongan tersebut. Maka mulailah salah seorang dari sahabat itu meludahi bagian tubuh pimpinan kampung yang terkena sengatan sambil membaca doa, “Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam,”

Tiba-tiba kesehatan pimpinan kampung itu pulih, seperti tidak pernah terjadi apa-apa. Abu said mengatakan bahwa penduduk kampung memberi imbalan yang mereka janjikan kepada rombongan itu. Salah seorang rombongan berkata, “Bagi-bagikanlah pemberian itu!” tetapi si peruqyah berkata, “jangan dulu, sampai kita menemui Rasulullah Saw, lalu kita jelaskan kejadiannya. Kita tunggu apa perintah beliau selanjutnya kepada kita.”

Akhirnya mereka datang menemui Rasulullah Saw, lalu menjelaskan hal itu kepada beliau. Beliau bertanya, “Bagaimana engkau tahu bahwa itu ruqyah?” beliau berkata lagi, “benar, apa yang telah kalian lakukan. Bagi-bagikanlah kambing-kambing itu diantara kalian dan beri pula aku satu bagian” (1)

Ibnu Majah meriwayatkan dari hadis Ali dalam Sunan-Nya, dia berkata bahwa Rasulullah Saw berkata, “Sebaik-baik pengobatan adalah Al-Qur’an”.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi:

1. HR. Ibnu Majah, no. Hadis 3501 dan 3533

2. Buku Tata Cara Pengobatan Ala Nabi Praktis dan Lengkap oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah

Abd Rahman Rara