Terapi Rasulullah Untuk Mencegah Segala Penyakit Melalui Ruqyah Ilahiyah

Terapi Rasulullah Untuk Mencegah Segala Penyakit Melalui Ruqyah Ilahiyah adalah metode pengobatan yang paling dianjurkan. Selain meningkatkan keimanan juga meningkatkan derajat kesehatan seseorang. Dalam sunan-nya, Abu Dawud meriwayatkan dari hadis Abu ad-Darda, dia berkata. “Aku pernah mendengar Rasululla Saw mengatakan ” barangsiapa dari kalian yang mendapat gangguan atau saudaranya mengadukan suatu gangguan kepadanya, hendaklah dia mengucapkan,

“Tuhan kami adalah Allah yang berada dilangit. Mahasuci nama-Mu, dan segala urusan-Mu berlaku di langit dan di Bumi. Sebagaimana rahmat-Mu berada di langit, turunkanlah rahmat-Mu kebumi dan ampunilah dosa dan kesalahan kami. Engkaulah tuhan begi orang-orang baik. Turunkanlah rahmat dari sisi-Mu dan kesembuhan-Mu atas penyakit ini” Atas izin Allah, dia akan sembuh. (1)

Terapi Rasulullah Untuk Mencegah Segala Penyakit Melalui Ruqyah Ilahiyah

Terapi Rasulullah Untuk Mencegah Segala Penyakit Melalui Ruqyah Ilahiyah

sumber gambar: http://www.freedigitalphotos.net/

Terapi Rasulullah Untuk Mencegah Segala Penyakit Melalui Ruqyah Ilahiyah

Dalam shahih Muslim dijelaskan, yaitu dari Abu Sa’id al-khudri bahwa malaikat jibril pernah mendatangi Nabi Muhammad Saw dan Berkata, “Wahai Muhammad, apakah engkau menderita?”, beliau menjawab, “betul” lalu malaikat jibril mengucapkan,

“Dengan menyebut nama Allah, aku akan meruqyahmu dari segala penyakit yang mengganggumu dari kejahatan segala jiwa atau pandangan mata (‘ain) yang dengki. Semoga Allah menyembuhkanmu. Dengan penyakit nama Allah, dan meruqyahmu.” (2)

Bila ada yang bertanya “bagaimana pendapat kalian tentang hadis riwayat Abu Daud yang berbunyi, “Ruqyah hanya boleh dilakukan karena penyakit akibat pandangan mata atau binatang berbisa?” Jawabannya adalah bukan berarti Rasulullah Saw tidak membolehkan ruqyah pada selain dua sebab tadi. Tetapi, yang beliau maksud adalah bahwa tidak ada ruqyah yang lebih utama dan lebih bermanfaat dibanding ruqyah untuk mengobati padangan mata da binatang berbisa.

Hal tersebut bisa dilihat konteks hadis, yaitu ketika sahl bin hurait terkena pandangan mata (‘ain) ia bertanya. “Apakah ruqyah itu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit?’. beliau menjawab. “Tidak ada ruqyah kecuali untuk menyembuhkan pandangan mata (‘ain) atau sengatan berbisa”.

Dengan demikian, semua hadis tentang ruqyah, baik yang umum maupun yang khusus menunjukkan kebolehan ruqyah. Abu dawud meriwayatkan dari hadis Anas, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

“Tidak ada ruqyah kecuali untuk mengobati pandangan mata (‘ain), binatang berbisa atau darah yang tidak berhenti mengalir” (3)

dalam shahih Muslim dari Anas, “Rasulullah Saw memberikan keringanan pada Ruqyah yang disebabkan oleh pandangan mata, binatang berbisa dan bintil-bintil”

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Posisi Hubungan Badan Paling Buruk Menurut Rasulullah Posisi Hubungan Badan Yang Terbaik Menurut RasulullahHubungan Badan Yang Paling Bermanfaat Menurut RasulullahAlasan Diharamkannya Menyetubuhi Istri Pada Liang DuburAlasan Dianjurkannya Hubungan Badan Menurut RasulullahHubungan Badan Yang Membahayakan Menurut Rasulullah

*******************

Sumber referensi.

1. HR. Abu Daud no. hadis 3892

2. HR.Muslim. no. hadis 2186

3.  HR. Muslim dari hadis Anas no. hadis 2196.

4. Tata cara pengobatan ala Nabi praktis dan lengkap Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah.

 

Abd Rahman Rara