Situs Penyedia Soal Keperawatan & Sering Muncul Di UKOM

Situs Penyedia Soal Keperawatan & Sering Muncul Di UkomKatakatamutiaracinta.net. UKOM atau ujian kompetensi adalah prasyarat seorang profesi kesehatan untuk mendapatkan lisensi berupa STR (surat tanda registrasi) yang dijadikan sebagai bukti otentik bahwa tenaga kesehatan tersebut memiliki kompetensi dan layak melakukan tindakan profesional kepada pasien. Seorang tenaga kesehatan yang tidak lulus atau tidak mengikuti ujian kompetensi mustahil akan bisa mendapatkan yang namanya STR dan diakui oleh pemerintah untuk bisa bekerja ditatanan pelayanan kesehatan. Hal ini berdasarkan peraturan dari pemerintah baik dari UU Kesehatan No. 36 tahun 2014 dan Permenkes RI no. 1796 tentang ragistrasi tenaga kesehatan. Berikut kami kutip sebagian dari aturan tersebut:

UU Kesehatan No. 36 Tahun 2014; Bab 1 , pasal 1, Ayat:

“(5) Kompetensi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang Tenaga Kesehatan berdasarkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional untuk dapat menjalankan praktik.”

“(6)Uji Kompetensi adalah proses pengukuran pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Kesehatan”

“(9) Registrasi adalah pencatatan resmi terhadap Tenaga Kesehatan yang telah memiliki Sertifikat Kompetensi atau Sertifikat Profesi dan telah mempunyai kualifikasi tertentu lain serta mempunyai pengakuan secara hukum untuk menjalankan praktik”

“(10) Surat Tanda Registrasi yang selanjutnya disingkat STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing Tenaga Kesehatan kepada Tenaga Kesehatan yang telah diregistrasi.”

Situs Penyedia Soal Keperawatan & Sering Muncul Di Ukom

Situs Penyedia Soal Keperawatan & Sering Muncul Di Ukom

Image courtesy of [Danilo Rizzuti] at FreeDigitalPhotos.net

UU Kesehatan No. 36 Tahun 2014; Bab 4 , Pasal 21 ayat

(1) Mahasiswa bidang kesehatan pada akhir masa pendidikan vokasi dan profesi harus mengikuti Uji Kompetensi secara nasional.

Permenkes RI no. 1796 tentang ragistrasi tenaga kesehatan; Bab 2, Pasal 2, ayat:

“(1)Setiap tenaga kesehatan yang akan menjalankan pekerjaannya wajib memiliki STR.”

“(2) Untuk memperoleh STR sebagaimana dimaksud pada ayat (1), tenaga kesehatan harus memiliki ijazah dan sertifikat kompetensi.”

“(3) Ijazah dan sertifikat kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diberikan kepada peserta didik setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi.”

Situs Penyedia Soal Keperawatan & Sering Muncul Di Ukom

Perawat adalah salah satu tenaga kesehatan yang mendapatkan tugas untuk menjalankan amanah aturan tersebut. Sebagaimana dalam UU kesehatan no.36 tahun 2014 pasal 21 tentang kelompok tenaga kesehatan yang diantaranya adalah tenaga keperawatan. Tentunya ini adalah suatu kabar baik buat tenaga keperawatan karena dengan adanya aturan ini maka seluruh elemen yang terkait dapat bersama-sama meningkatkan kualitas dari profesi keperawatan ini.

Mulai dari pemberi kebijakan hingga pelaksana kebijakan harus terlibat dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas dari tenaga kesehatan terkhusus buat profesi keperawatan. dan Sebagai lulusan profesi keperawatan harus lebih dini siap untuk mengimplikasikan aturan ini. Sadar atau tidak sadar, suka atau tidak suka kebijakan ini harus dilaksanakan karena sangat berhubungan erat dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. dan ini adalah amanah uud 1945.

Jika profesi perawat saat ini tidak siap menghadapi kebijakan ini maka sangat disayangkan, pada saat mengikuti ujian kompetensi akan mengalami kendala dan hambatan dan hasilnya adalah Tidak Lulus. konseskuensinya jika tidak lulus maka STR tidak bisa diterima dan akhirnya kembali mengulang hingga lulus. Efek buruknya adalah lulusan akan menjadi penggguran. Sungguh ini tidak boleh terjadi pada semua lulusan, penulis berharap semua yang mengikuti ujian lulus dan mendapatkan lisensi yang namanya STR sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Jangan khawatir, kami ingin berbagi sedikit pengalaman tentang soal-soal yang sering muncul pada ujian kompetensi keperawatan. Kami sendiri berasumsi lulus berkat soal-soal ini, tentunya ada juga yang sangat berperan penting dari kelulusan yaitu doa hamba kepada Tuhannya. Soal-soal ini kami ambil dari beberapa referensi baik dari buku, website nasional dan international.

Berikut kami bagikan link situs gratis penyedia kumpulan model soal keperawatan yang sering muncul dalam ujian kompetensi keperawatan. Silahkan anda kunjugin situs ini: http://suksesukom.com/ dan gunakan sebaik mungkin. Situs ini masih terbilang baru jadi soal-soal yang dimasukkan masih sedikit dan saat ini masih dalam tahap penginputan konten contoh-contoh soal keperawatan dan tentunya akan dibagikan kepada teman-teman yang membutuhkan. Semoga beberapa waktu kedepan soal-soal nya semakin bertambah. dan tentunya harapan dari para pencari contoh-contoh soal keperawatan dapat terkabulkan. Kami sarankan untuk baca Disclaimernya terlebih dahulu sebelum anda menjawab soal-soalnya. Semoga bermanfaat.

 

Abd Rahman Rara