Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari

Menu sehat murah untuk makanan balita sehari-hari. KKMCBalita adalah anak yang berusia diatas 1 tahun sampai 5 tahun. Balita dalam konsep tumbuh kembang sering diidentikkan dengan ‘ the golden age’. Maksdunya adalah usia keemasan anak. Mengapa dikatakan dengan demikian,menurut ahli gizi dari universitas unhas mengatakan bahwa 1000 hari pertama anak adalah waktu yang paling penting untuk meningkatkan daya kecerdasan anak melalui menu sehat makanan balita. 1000 hari pertama itu sama dengan usia sampai 2 tahun. Jadi pada usia ini seorang orang tua harus memikirkan secara matang-matang menu sehat untuk gizi anaknya sehingga otaknya dapat menerima nutrisi yang tepat dan outputnya adalah kecerdasan.

Balita adalah usia dimana terjadi proses pertumbuhan yang sangat signifikan terutama buat otaknya. Jika seorang anak balita diberi makanan sesuai dengan usia pertumbuhannya maka otaknya akan bekerja dan berfungsi dengan optimal dan akan mampu menciptakan sel-sel otak dimana sel otak tersebut sangat produktif terhadap impuls atau stimulus yang diterima oleh organ tubuhnya sehingga penghantaran pesan cepat direspon balik. Dengan demikian segala pesan yang diberikan dari dunia luar untuk balita tersebut akan direspon dengan cepat dan benar sesuai dengan pertumbuhannya.

Ibu adalah orang tua yang paling dekat seorang balita. Dialah yang harus mampu memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang menu sehat murah untuk makanan balita nya sehari-hari. Tentunya ini adalah hal mudah karena ada banyak cara yang dapat dijalankan untuk mendapatkan wawasan tersebut.

Posyandu adalah tempat yang sangat cocok untuk mendapatkan wawasan tentang menu sehat tersebut. Posyandu adalah tempat dimana seorang tenaga kesehatan berkumpul untuk memberikan beberapa tips dan trik kepada ibu untuk pertumbuhan balitanya. Ada banyak pengetahuan yang dibagikan lewat posyandu tersebut misalnya pemberian imunisasi dan waktu pemberiannya, menu sehat yang cocok, cara memandikan balita, cara menyusui balita, penanganan balita saat sakit, serta waktu yang tepat pemberian makanan pada balita. Dengan demikian, posyandu adalah tempat yang paling direkomendasikan untuk ibu agar anaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan kelak akan menjadi anak yang cerdas dan bermanfaat.

Tentunya ada tempat yang lain juga bisa anda dapatkan pengetahuan tersebut tapi posyandu adalah tempat yang sangat tepat selain tempatnya tidak terlalu jauh dari rumah juga posyandu adalah program pemerintah yang tidak memberikan insentif pembayaran atau dengan kata lain gratis. Artinya posyandu ini memberikan penghematan terhadap pengeluaran kebutuhan sehari-hari buat anak yang juga bisa dimaksimalkan untuk pembelian suplemen untuk anak. Selain itu, yang murah adalah melalui internet. Dengan berbagai fasilitas tekhnologi modern saat ini maka informasi tentang menu sehat murah untuk makanan balita sehari-hari dapat didapatkan. Dan melalui artikel ini juga kami membagikan menu sehat yang paling murah untuk makanan balita anda sehari-hari. Berikut kami bagika menu sehat murah makanan balita sehari-hari.

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari

  1. Asi

Asi atau air susu ibu adalah makanan sehat yang paling murah didapatkan oleh seorang ibu. Selain manfaatnya sangat beragam juga air susu ibu sangat mudah didapatkan. Asi ini adalah makanan alami yang merupakan masakan yang diproduksi langsung dari ibu balita. Tanpa pengawet apapun menu sehat ini dapat menjadikan seorang balita menjadi cerdas dan menguatkan sistem imunnya. Idealnya seorang balita memperoleh asi itu sampai 2 tahun tapi jika anak masih tergantung dengan asi itu tidak apa-apa diberikan tapi sebagai ibu sebaiknya jika sudah melewat usia diatas dua tahun perlahan-lahan diberikan pengganti makanan yang lainnya.

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; ASI

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; ASI

  1. Bubur Saring

Bubur saring adalah masakan balita yang jarang digunakan oleh ibu padahal nilai gizi dari bubur saring ini sangat kaya akan protein dan Vitamin B. Bubur saring ini sangat mudah dan murah didapatkan, Bila ibu memasak nasi pada saat nasi mendidih air yang bercampur dengan bubur nasi tersebut disaring dan selanjutnya hasia saringannya tersebutlah yang dijadikan menu sehat untuk balita anda. Jadi setiap kali ibu memasak nasi sebaiknya lakukan hal yang demikian. Manfaatnya mudah, murah dan berkualitas. Selain ibu bisa manfaatkan sebagai masakan balita juga bisa dijadikan sebagai suplemen pengganti susu untuk balita anda. Jika susu blita anda kebetulan habis stkonya sebaiknya anda gunakan bubur saring ini.

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Bubur Saring

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Bubur Saring

  1. Bakso Daging Qurban

Barangkali mendengar menu sehat ini sebagai ibu yang terbiasa dengan makanan balita pasti baru pertama kali mendengarnya. Kalau bakso daging itu sudah biasa tapi kalau bakso daging qurban itu jarang terdengar. Nah, penulis kali ini memperkenalkan menu sehat murah yaitu bakso daging qurban. Cara pembuatannya sangat gampang, bahannya juga mudah didapatkan tapi waktunya barangkali pertahun baru bisa didapatkan dagingnya. Silahkan anda siapkan 200 gram daging qurban yang anda dapatkan dari pembagian daging qurban dari para dermawan selanjutnya 1 sdm sagu anda juga siapkan. Anda bisa menjual sebagian daging qurban anda untuk membelikan sagu. Dan bahan lainnya seperti garam, merica bubuk dan bawang putih secukupnya. Selanjutnya daging qurban tersebut anda giling dan selanjutnya campurkan rata bahan lainnya setelah tercampur buat bola-bola kecil dan masukkan kedalam air mendidih dan apabila bola-bola dagingnya terapung berarti bakso daging qurbannya siap untuk dijadikan menu sehat untuk balita anda. Silahkan anda berikan menu sehat murah ini pada balita anda, variasikanlah dengan tambahan lainnya misalnya dengan kecap. Adapun nilai gizi dari bakso daging qurban ini adalah zat besi sebagai zat pembangun untuk semangat pergerakan balita anda. Selain itu juga, nilai gizinya adalah protein sebagai nutrisi otak untuk kecerdasan balita. Ada juga yang disebut dengan selenium, zat ini berfungsi untuk pertahanan imunitas anak. Ada juga yang namanya zinc atau seng, untuk pertumbuhan reproduksi balita dan juga untuk sistem imunitas balita anda. Dan masih banyak lagi kandungan gizi didalamnya seperti vitamin B kompleks dan omega 3.

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Bakso Daging Qurban

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Bakso Daging Qurban

  1. Nugget Tempe

Hmm.. mendengar namanya sepertinya enak nih. Yah tapi bahan dasarnya adalah tempe cuman pembuatannya dicampur dengan daging. Anda bisa gunakan daging ayam, daging ikan ataupun daging sapi. Silahkan haluskan tempe sebanyak 500 gram kemudian campurkan daging gulling, daun bawang, roti tawar, daun seledri dan bumbu halus (bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, gua pasir dan merica bubuk). Setelah itu padatkan diatas Loyang yang telah diolesi minyak dan plastic. Kukus selama 45 menit. Dinginkan kemudian potong-potong. Celupkan kedaam putih telur dan glingkan kedalam tepung dan selanjutnya goring. Setelah matang angkat dan silahkan dihidangkan untuk menu sehat balita anda.

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Nugget Tempe

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Nugget Tempe

  1. Mie Sosis

Menus sehat ini kedengarannya untuk anak kos tapi sebenarnya masakan ini bisa juga untuk balita anda. Tapi sebaiknya usianya diatas 3 tahun. Mie yang anda gunakan bisa yang ada disupermarket. Siahkan anda rebus mienya jangan masukkan bumbunya. Kemudian tiris mienya setelah itu anda siapkan sosisnya. Dan campurkan kedalam mie nya. Silahkan anda kembalinya menuminya dengan menggunakan minyak dari mie tersebut. Jangan lupa berikan sedikit garam beryodium didalamnya, ingat jangan gunakan bumbunya karena mengandung zat yang tidak bagus untuk nutrisi otak balita. Setelah matang silahkan dihidangkan untuk anaknya.

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Mie Sosis

Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ; Mie Sosis

Demikianlah Menu Sehat Murah Untuk Makanan Balita Sehari-hari ini kami bagikan, semoga bermanfaat untuk orang tua yang memiliki balita. Semoga usaha ibu untuk memperbaikiki gizi balita dapat berhasil dan harapannya dapat menjadi anak yang cerdas dan bermanfaat. Terima Kasih.

Sumber image: freedigitalphotos.net

Abd Rahman Rara