Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi anak susah makan merupakan momok yang saat ini lagi dilanda oleh para orang tua terutama para-para ibu yang memiliki anak. Apalagi ibu yang yang masih anak pertama pasti akan merasa sulit untuk menemukan cara yang tepat untuk mengatasi anaknya yang rewel jika diberi makanan.

Makanan adalah pondasai awal pembentuk gizi bagi setiap anak. Prof. veni hadju (pakar gizi) dari universitas Unhas mengatakan pembentukan nutrisi otak dan organ-organ lain dalam tubuh sehingga anak pada usia balita sesuai dengan usia pertumbuhannya yaitu dipengaruhi oleh 1000 hari pertama sejak istri hamil sampai lahir. Jadi jika diakumulasikan dari hamil hingga pasca lahir maka usia produktif ibu memberikan makanan kepada anaknya yaitu sampai umur 2 tahun. Artinya usia ini merupakan golden age atau masa keemasan yang mana usia yang paling berprosesnya seluruh sinyal-sinyal dalam tubuh untuk menggabungkan sel yang satu dengan yang lain. Artinya untuk menemukan sel sel tersebut dibutuhkan nutrisi yang intens untuk mendapatkan perkembangan anak yang sesuai. dan pastinya orang tua akan berbangga dengan hal yang demikian.

Mengatasi anak susah makan dengan memberikan makanan yang bervariasi

Mengatasi anak susah makan dengan memberikan makanan yang bervariasi

 

Hal tersebut merupakan proses ideal yang diharapkan oleh orang tua untuk anaknya, yang mana proses mudahnya mengonsumsi makanan yang akan mempengaruhilah seorang anak untuk berkembang dan bertumbuh. Artinya kemudahan anak makan ini dipengaruhi oleh resep makanan, cara ibu memberikan makanan, lingkungan, fasilitas makanan dan sebagainya. Nah, Dibawah ini dibagikan beberapa tips mengatasi anak susah makan.

Mengatasi anak susah makan

1. Memberikan makanan sesuai dengan level usia
Ketika anak diberi makanan tentulah seorang ibu akan memperhatikan jenis makanan yang akan diberikan kepada anaknya sesuai dengan usianya. Mis. anak yang usianya masih kurang 5 tahun sebaiknya jangan diberikan yang berbau dengan permen maupun dengan cemilan kerupuk. Karena efeknya yaitu bisa terbiasa dengan makanan tersebut dan akhirnya makanan utama tidak dikonsums. Jadi sebaiknya telitilah terlebih dahulu jenis makanan dan level dari anak tersebut.

2. Berikan makanan sedikit tapi sering
Trik ini merupakan sangat jitu karena sistem pencernaan pada anak tidak bisa langsung mencerna makanan yang berlebih sesuai dengan posrinya. Sehingga dengan langkah sedikit demi sedikit diberikan kepada anak akan memnstimulasi anak untuk rajin makan. Sehingga dengan tersebut anak akan lebih mudak bernafsu ketika saat jadwal makan tidak tersalurkan.

3. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan
Proses berfikir anak tentang imajinasi sangat berkembang diusia dibawah 5 tahun sehingga dengan pembentukan lingkungan yang sedeharna dan ekonomis dapat menarik minat makan seorang anak. penciptaan lingkungan yang penuh dengan motivasi imajinasi mengonsumsi makanan akan meningkatkan nafasu makan anak. Jangan ditempatkan pada tempat bau-bauan sehingga nafsu anak kurang stabil

4. Berikan resep menu makanan sesuai tahap usianya
Strategi memilih dan memilah makanan pada waktu memasaknya akan menjadi panduan yang sangat efektif dalam perbaikan gizi pada anak dengan nafsu makan anak yang baik. Ada banyak resep makanan yang dapat dilihat oleh para ibu-ibu sekalian yang mana dengan menu yang spesial buat anak dapat membantu menemukan menu yang cocok buat konsumsi keseharian anak.

Demikianlah 4 cara mengatasi anak yang susah makan. Semoga dapat menjadi bekal untuk para ibu-ibu sekalian dan bisa memberikan yang terbaik buat anak dan keluarganya.

Abd Rahman Rara