Kata Kata Mutiara

Kata Kata MutiaraKatakatamutiaracinta.net. Kata kata mutiara adalah sekumpulan kata yang memiliki arti dan makna yang tersembunyi namun indah dihati dan menyejukkan suasana batin. Namanya juga mutiara maka filosopinya adalah suatu benda yang harganya sangat bernilai tinggi. Sehingga jika dihubungkan dengan kalimat atau sekumpulan kata mutiara maka kata kata tersebut adalah kata yang memiliki penjiwaan yang sangat mendalam dimana jika seseorang mendengar dan membaca kata tersebut maka hatinya akan tergugah dan termotivasi untuk melakukan hal yang sifatnya positif untuk perubahan terhadap dirinya maupun untuk orang lain. Dibawah ini dirangkum berbagai kata kata mutiara yang diambil dari berbagai tokoh yang paling inspiratif dan mendunia. dimana kata kata mutiaranya ini dapat dijadikan sandaran dan tumpuan jika setiap individu mengalami kejenuhan dan gangguan jiwa berupa kemalasan dan rasa cemas dan akan berpengaruh terhadap motivasi hidup dan produktifitasnya untuk melakukan hal-hal yang lebih bermakna dan positif.

Kata Kata Mutiara

Kata Kata Mutiara

Kata Kata Mutiara

Kata Kata Mutiara
SOEKARNO (6 Juni 1901-21 Juni 1970, 69 tahun), Pejuang dan proklamator kemerdekaan Indonesia

“ Pegang cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi-tingginya. Jika kamu jatuh, kamu akan jatuh di antara isi dari langit seperti bintang- bintang, komet dan beberapa dari isi jagad raya itu”

“ Pengorbananku lebih mudah karena mengusir penjajah, tetapi perjuanganmu sungguh amatlah lebih sukar karena melawan bangsamu sendiri”

“ Janganlah kamu menerawang ke masa depan dengan mata yang tidak terlihat. Masa yang kemarin sangatlah bermanfaat sebagai cerminan dari pada masa kamu yang akan datang”

“ Jika kamu ingin mutiara yang asli, maka terjun dan menyelamlah di lautan yang dalam”

“Merdeka hanyalah sebuah jalan. Walaupun jembatan, di seberang jembatan terlihat emas pecah itu jalan pecah dua, satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!”

“ Firman Tuhan inilah gitaku, Firman Tuhan inilah harus menjadi Gitamu: ‘ Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim’.’ Tuhan tidak merubah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya’”(Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi, 1964).

“ Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripda maka bestik tapi budak” (Bung Karno, Pidato HUT Proklamasi).

“ Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat”(Ir. Soekarno, Pidato HUT Proklamasi).

“Tidak seorang pun yang menghitung- hitung, berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”(Ir. Soekarno, Pidato HUT Proklamasi 1956)

“ Gemah ripah loh jinawi, tata tentram kerja raharja, para kawula iyeg rumagang ing gawe, tebih saking laku cengengilan adoh saking juti. Wong kang lumaku dagang, rinten dalu tan wonten pedote, labet saking tan wonten sansayangi margi. Subur kang sarwa tinandur, murah kang sarwa tinuku. Bebek ayam raja kaya enjang medal ing panggenan, sore bali ing kandange dewe dewe. Ucapan dalang dari bapaknya-embahnya- buyutnya- canggahnya, warengnya-udeg-udegnya, gantung siwurnya. Bekerja bersatu padu, jauh dari hasut, dengki orang berdagang siang malam tiada hentinya, tidak ada halangan di jalan. Inipun menggambarkan cita-cita sosialisme”(Bung Karno, Pidato Hari ibu22 Desember 1960)

Kata Kata Mutiara Soekarno

Kata Kata Mutiara Soekarno

Sumber:http://fc01.deviantart.net/

“Apakah kita mau Indonesia merdeka, yang kaum kapitalnya merajalelaataukah yang semua rakyatnya sejahtera, yang semua cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh ibu pertiwi yang cukup memberi sandang dan pangan?”(Ir. Soekarno, pidato lahirnya Pancasila 1 Juni 1945)

“ Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit, hanya bangsanya sendiri yang mampu mengubah nasib negerinya sendiri”.

“ Aku tinggalkan kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya”.

“ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya” (Ir. Soekarno, Pidato Hari Pahlawan 10 November 1961)

“ kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali”

“ Laki-laki  dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai puncak yang setinggi-tingginya. Jika patah satu daripada dua sayap itu, maka tidak dapatlah terbang burung itu sama sekali”

“beri aku 1000 orang tua niscya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncang dunia”

“ jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya”

“ Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin”

“Apakah kelemahan kita adalah kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri dan kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong”

“ Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan yang Maha Esa”

“ Bangunlah suatu dunia di mana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan”

“ Aku lebih suka lukisan samudra yang gelombangnya menggebu-gebu daripada lukisan sawah yang adem ayem tentram”

“ Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”

Kata Kata Mutiara
NELSON MANDELA (18 Juli 1918-5 Desember2013, 95 thun), Pelopor Perdamaian

“Saya dipanggil teroris kemarin, tapi ketika saya keluar dari penjara, banyak orang memeluk saya, termasuk musuh saya dan itulah yang biasa saya beritahukan pada orang lain yang mengatakan mereka berjuang untuk kebebasan di negara mereka adalah teroris. Saya memberitahu mereka bahwa saya juga kemarin adalah teroris, namun saat ini saya mengagumi orang orang yang mengatakan saya merupakan salah satu” (Larry King Live, 16 Mei 2000)

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat anda gunakan untuk mengubah dunia”(University of the Witwatersrand South Africa, 2003)

“Jika anda ingin berdamai dengan musuh anda, anda harus bisa bekerja sama dengan musuh anda. Kemudian dia akan menjadi mitra anda”(Long Walk to Freedom)

Kata Kata Mutiara Nelson Mandela

Kata Kata Mutiara Nelson Mandela

sumber: http://cp91279.biography.com/

“Tidak ada yang lahir untuk membenci orang lain karena warna kulitnya atau latar belakangnya atau agamanya. Orang harus belajar dan jika mereka dapat belajar untuk membenci, mereka dapat diajarkan untuk mencintai, karena cinta datang lebih alami ke jantung manusia daripada kebalikannya”(Long Walk to Freedom)

“Kematian adalah salah satu yang tak terelakkan. Ketika seorang manusia yang telah melakukan apa yang ia anggap sebagai tuganya untuk rakyat dan negerinya, dia bisa beristirahat dengan damai. Saya percaya saya telah mewujudkan upaya itu, oleh karena itu, kenapa saya akan tidur untuk selamanya”(dari sebuah wawancara film dokumenter Mandela 1994)

“Orang pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tapi  dia yang bisa menaklukkan rasa takut itu”(Long Walk to Freedom)

“Kami, rakyat Afrika Selatan, menyatakan kepada seluruh negeri dan dunia: Bahwa Afrika Selatan adalah milik semua orang yang tinggal di dalamnya, hitam dan putih, dan satu pemerintahan pun yang dapat mengklaim kekuasaan kecuali keinginan rakyat”(Kalimat pembuka Piagam Kebebasan)

“Saya telah berjuang melawan dominasi kulit putih, dan saya telah berjuang melawan kulit hitam. Saya mensyukuri prinsip ideal sebuah demokrasi dan kebebasan masyarakat di mana semua orang dapat hidup bersama secara harmonis dengan kesempatan yang sama. Itu merupakan hal yang ideal yang saya juga harapkan dan realisasikan. Tapi Tuhanku, jika perlu, itu merupakan hal ideal yang saya siapkan sebelum kematianku”(Pembelaan diri selama Persidangan Rivonia 1964)

“Yang penting dalam hidup bukanlah fakta bahwa kita telah hidup. Itu merupakan perbedaan yang telah kita buat untuk kehidupan orang lain yang menentukan signifikansi dari kehidupan yang kita pimpin”(Perayaan ulang tahun ke-90 Walter Sisulu, 18 Mei 2002)

“ Untuk menjadi bebas tidak hanya untuk membuang rantai sesorang, tetapi untuk hidup denga cara menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain”( Long Walk to Freedom)

“ Anda mempertajam ide-ide anda dengan mengurangi diri sendiri ke tingkat orang orang dengan rasa humor dan relaksasi lengkap, bahkan ketika anda sedang membahas hal hal serius, itu tidak akan membantu memobilisasi teman teman di sekitar anda. Dan saya suka itu”(Sebuah wawancara dengan Tim Couzens, 13 Agustus 2005)

“ Jika anda bicara kepada seseorang menggunakan bahasa yang ia pahami, maka pembicaraan itu hanya akan masuk ke kepalanya. Namun, kalau anda bicara menggunakan bahasanya, maka pembicaraan itu akan masuk ke dalam hatinya”.

“Jangan nilai saya dari kesuksesan saya, tetapi lihatlah berapa kali saya jatuh lalu bangkit lagi”

“Ketika saya berjalan menuju gerbang kebebasan, saya menyadari bahwa jika saya tidak membuang perasaan pahit dan kebencian, maka saya akan selamanya ada di penjara”

“ Kemerdekaan berarti tanggung jawab. Saya tidak ingin hidup kekal , sebab jalanan panjang saya tidak akan pernah berakhir”

“Bila hak hidup seseorang yang ia yakini diingkari, maka tidak ada pilihan lain baginya selain menjadi penjahat”

“Saya menyadari bahwa keberanian bukanlah hilangnya rasa takut, namun penaklukan terhadap ketakutan. Orang yang berani bukanlah orang yang tidak merasakan ketakutan, tetapi orang yang mampu menaklukan ketakutan”

“Kepala yang bagus dan hati yang baik selalu menjadi kombinasi yang hebat. Tetapi kalau anda tambahkan lidah yang bicara atau pena, maka anda mempunyai sesuatu yang sangat spesial”

“Meraih kebebasan itu bukan berarti hanya melepas rantai sesorang, tetapi hidup dengan menghargai dan mendorong kebebasan orang lain”

Kata Kata Mutiara
MAHATMA GANDHI (2 Oktober1869-30 Januari 1948, 78 thun), Pejuang Berhati Emas

“Ketika kamu berhadapan dengan musuhmu, taklukkan mereka dengan cinta”

“Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis dan pada kematianmu semua orang menangis dan hanya kamu sendiri yang tersenyum”

“Kalau kamu ditampar, dengan senang hati hadapkan pipi yang satunya”

“Doa tidak meminta tapi adalah kerinduan hati”

“Orang yang berhasil mengendalikan diri tak akan terkendali oleh orang lain. Ia tidak bisa dibeli, tidak bisa digoda dan tidak bisa dirayu. Ia mempunyai kepercayaan diri yang luar biasa. Jadilah orang itu”

“Hiduplah seolah akan meninggal besok. Belajarlah seolah akan hidup selamanya”

“Jangan putus asa terhadap kemanusiaan. Kemanusiaan bagaikan samudera. Beberapa tetes air kotor tidak mampu mengotori seluruh samudera”

Ahimsa ( prinsip tanpa kekerasan) adalah ideal yang tertinggi. Ia diperuntukkan bagi mereka yang kuat bukan bagi para pengecut”

Ahimsa adalah atribut para pemberani. Ahimsa dan kelemahan ibarat air dan api, tidak pernah bertemu”

“Barangkali kita tidak mampu melaksanakan prinsip tanpa kekerasan sepenuhnya dalam pikiran, ucapan maupun tindakan. Namun prinsip ini mesti menjadi tujuan kita, dan kita senantiasa berupaya untuk mencapainya”

“Prinsip tanpa kekerasan bukanlah busana yang dapat dipakai dan ditinggalkan. Kedudukannya adalah di hati kita. Ia mesti menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam diri kita”

“Sopan terhadap lawan dan upaya untuk memahami sudut pandangnya, itulah prinsip tanpa kekerasan”

Ahimsa mesti mengungkapkan diri lewat pelayanan tanpa pamrih kepada masyarakat”

“Bila pencungkilan mata dibalas dengan pencungkilan mata, seluruh dunia akan menjadi buta”

Kata Kata Mutiara Mahatma Gandhi

Kata Kata Mutiara Mahatma Gandhi

Sumber: http://www.proudtobeindian.net/

“ Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. Memaafkan adalah sifat orang yang perkasa”

“Tak seorang pun yang dapat menyakitiku, tanpa seizinku”

“Awalnya mereka meremehkanmu, kemudian menertawakanmu, kemudian melawanmu, lalu kau keluar sebagai pemenang”

“Aku hanya melihat sifat baik di dalam diri sesama manusia. Karena aku sendiri tidak sepenuhnya bebas dari keburukan, aku tidak membedah orang lain untuk mencari keburukan mereka”

“Jadilah bagian dari perubahan yang ingin kamu saksikan di dunia ini”

“Tidak ada kesia-siaan yang menguras tubuh kecuali kekhawatiran dan orang yang punya keyakinan pada Tuhan seharusnya merasa malu kalau masih mengkhawatirkan sesuatu”

“Tanpa kekerasan adalah senjata milik orang yang perkasa”

“Bila kamu punya kebenaran, maka kebenaran itu harus ditambah dengan cinta, atau pesan dan pembawanya akan ditolak”

“ketidaksempurnaan dan kegagalanku sama banyaknya dengan berkat Tuhan yang diberikan dalam bentuk sukses dan kemampuan dan keduanya kupersembahkan di kaki-Nya”

“Cara terbaik menemukan dirimu adalah dengan meleburkan diri dalam pelayanan orang lain”

“Bumi cukup menyediakan segala sesuatu untuk memuaskan kebutuhan semua orang, bukan semua ketamakan”

“Kamu dapat merantaiku, kamu dapat menyiksaku, bahkan kamu dapat menghancurkan tubuh ini, tetapi kamu tidak akan dapat memenjarakan pikiranku”

“ Perbedaan antara apa yang kita lakukan dan apa yang mampu kita lakukan sudah cukup untuk menyelesaikan kebanyakan persoalan yang ada di dunia ini”

“Keyakinan… Harus dikuatkan dengan alasan… Ketika keyakinan jadi buta, dia akan mati”

“ Sabar berarti siap menderita”

“Mereka tidak dapat mengambil harga diri kita kalau kita tidak memberikannya kepada mereka”

Kata Kata Mutiara
JOHN F. KENNEDY (29 Mei 1917-22November 1963, 46 thun), Korban Penembakan Misterius

“Manusia bisa mati, negara bisa naik dan turun, tapi ide dan gagasan akan terus hidup”

“Bukan bertanya apa yang negara berikan untuk anda, tapi tanyakan apa yang anda berikan untuk negara anda”

“Upaya dan keberanian tidaklah cukup bila tanpa arah dan tujuan”

“Semakin besar kita meningkatkan pengetahuan, semakin besar pula kita mengingkankan ketidaktahuan kiata”

“Seorang anak yang tidak terdidik, yang tidak diajar, adalah anak yang tersia-sia”

“Sebuah bangsa yang takut untuk membiarkan rakyatnya menilai pada kebenaran dan kepalsuan secara terbuka, adalah bangsa yang takut dengan rakyatnya sendiri”

“ Hanya orang yang berani gagal total, akan mencapai keberhasilan total”

“Jangan berdoa untuk hidup yang mudah. Berdoalah untuk menjadi orang yang kuat dan tangguh”

“Perubahan adalah hukum dari kehidupan. Dan mereka yang hanya melihat ke masa lalu ataupun pada masa sekarang, pasti akan kehilangan masa depan”

“ Marilah kita tidak mencari cara untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada masa lalu, tetapi marilah kita menerima tanggung jawab kita sendiri untuk masa depan”

“Jalan terbaik untuk berkembang adalah jalan kebebasan”

“Kepemimpinan dan pembelajaran sangatlah diperlukan kepada sesama”

“Mereka yang menciptakan kedamaian revolusi yang tak memungkinkan akan menciptakan revolusi tersembunyi yang tak terelakkan”

Kata Kata Mutiara John F Kennedy

Kata Kata Mutiara John F Kennedy

Sumber: http://upload.wikimedia.org/

“Harga sebuah kebebasan selalu tinggi, namun Amerika harus selalu membayarnya. Dan satu hal yang tidak akan pernah kita pilih, ialah ‘menyerah’ atau ‘tunduk’”

“Sopan santun bukanlah tanda kelemahan dan ketulusan selalu perlu dibuktikan”

“Komunisme tidak pernah berkuasa di negara yang tidak terganggu oleh perang atau korupsi, atau keduanya”

“Sebuah bangsa yang telah melupakan kualitas dari keberanian pada masa lalu yang telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakatnya, tidak akan lagi bersikeras dalam masalah kualitas dari pemimpinnya yang dipilih sekarang dan dalam kenyataannya kita memang telah melupakannya”

Demikianlah kata kata mutiara ini ditulis dan dibagikan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Selebihnya dapat berharap menjadi inspirasi dan motivasi untuk merubah diri dari keterpurukan dan bangkit untuk berubah dan bertindak menjadi manusia yang sesungguhnya penuh etos kerja dan produktifitas yang tinggi. Jika ingin menambah koleksi kata kata mutiara anda silahkan klik disini.

Abd Rahman Rara