Cara Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI

Cara Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI saat ini sudah tergolong mudah karena sistem E-Payment dari BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek sudah berubah ke sistem komputerisasi. Sehingga alur layanan dan tagihan berada dalam sistem jaringan komputerisasi.

Sejak adanya BPJS atau badan penyelenggara jaminan sosial seluruh instansi/perusahaan dibawah pemerintah (BUMN) juga mengalami perubahan. Untuk jamsostek sendiri itu berubah menjadi BPJS ketenagakerjaan. Yang memang khusus mengcover jaminan keselamatan kerja bagi seluruh karyawan/tenaga kerja yang ada di setiap perusahaan/instansi swasta. Untuk karyawan negeri sipil dibawah pemerintah itu jaminannya langsung dari ASKES yang saat ini juga berubah menjadi BPJS Kesehatan. dengan demikian masing-masing BPJS ini memiliki perbedaan yang khas dari sgi pengelolaannya. Untuk lebih jelas mengetahui perbedaan silahkan baca perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenegakerjaan/Jamsostek .

Cara Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI

Cara Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI

Terkait dengan cara bayar tagihan BPJS ketenagakerjaan pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu melalui E-Payment atau sistem komputerisasi website BPJS Ketenagakerjaan melalui https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id. dan yang kedua adalah melalui Virtual Account yang dibayar langsung ke ATM. Namun, sebelumnya nomor dari VA ini didapat dari email langsung dari BPJS ketenagakerjaan. Seperti gambar dibawah ini.

 UntitledSetelah mendapat email selanjutnya tinggal membayar langsung tagihan BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM Mandiri, BNI, Bukopin dan BRI sesuai dengan jumlah yang terpampang langsung dalam surat tersebut. Besaran biaya tagihan sudah otomatis langsung berada dalam sistem ATM jika nomor VA dimasukkan. Jadi tidak ribet lagi untuk mengetik jumlah pembayarannya. Perlu diketahui bahwa pembayaran via Virtual Account dilakukan jika belum mendaftar pada akun https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id. atau pembayaran tagihan pertama. Namun, bila sudah terdaftar maka pembayaran dengan metode ini tidak bisa lagi dilakukan.

Untuk pembayaran tagihan BPJS ketenagakerjaan/Jamsostek melalui E-payment maka terlebih dahulu yang dilakukan yaitu membayar tagihan pertama melalui VA kemudian selanjutnya buat akun di https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id, setelah akun sudah ada, maka tagihan selanjutnya tinggal membayar sesuai dengan kode iuran yang terterah dari dalam akun BPJS ketenagakerjaan anda. Seperti gambar dibawah ini.

Gambar diatas tagihan sudah terbayarkan. Jika status tertulis "UNPAID" berarti tagihan tersebut belum terbayarkan dan wajib dibayar segera.

Gambar diatas tagihan sudah terbayarkan. Jika status tertulis “UNPAID” berarti tagihan tersebut belum terbayarkan dan wajib dibayar segera.

Setiap tanggal 5 kode iuran mengalami penambahan nomor dan pada status tertulis UNPAID yang artinya untuk bulan tersebut tagihan belum dibayar dan dihimbau untuk dilakukan pembayaran melalui ATM Mandiri, BNI, Bukopin dan BRI. Dibawah ini tahapan Cara Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI yang jika status pada akun BPJS ketenagakerjaan tertulis UNPAID.

Cara Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI

  1. Masuk Ke ATM Mandiri, BRI dan BNI
  2. Masukkan Kartu ATM anda dan selanjutnya masukkan PIN anda.
  3. Selanjutnya pilih BAYAR/BELI
    foto1
  4. Pilih BPJS
    foto2
  5. Pilih BPJS Ketenagakerjaan
    foto3
  6. Pilih E-Payment
    Foto4
  7. Selanjutnya Masukkan Kode IURAN yang status UNPAID, kemudian pilih Benar/CorrectFoto12
  8. Setelah masuk di E-payment BPJS TK anda silahkan perhatikan kode iuran, nama perusahaan anda, divisi dan KPP serta Total IURAN anda. Jika sesuai dengan E-payment dalam status UNPAID anda, Selanjutnya tekan no 1.
    Foto13
  9. Selanjutnya pilih YA/Yes
    Foto14
  10. Jika laporan dari ATM mengatakan sukses atau berhasil berarti tagihan pembayaran BPJS TK anda telah terbayarkan/PAID. Untuk memperjelas apakah berhasil atau tidak silahkan cek kembali akun BPJS TK anda di https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika status kode iuran yang anda bayarkan tertetulis PAID berarti tagihan anda telah terbayar/berhasil.

Demikianlah Cara Membayar Tagihan BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI  ini dibuat semoga bermanfaat. dan Jangan lupa setiap tanggal 5 awal bulan cek tagihan anda. Jika ada status UNPAID berarti tagihan diharap segera dibayarkan. Terima Kasih.

Abd Rahman Rara