0

Benarkah, Konsumsi Tahu Dapat Menyebabkan Kenaikan Asam Urat?

Benarkah, konsumsi tahu dapat menyebabkan kenaikan asam urat?. katakatamutiaracinta.net. Bentuknya kotak warna putih dan bisa dimakan, ada yang mengetahuinya? Hmm… yah, jawabannya adalah tahu.

Tahu merupakan makanan yang murah dan mudah diperoleh. Makanan asli Indonesia ini, tahu, merupakan makanan olahan dari kedelai yang dihaluskan kemudian diambil ekstraknya lalu dipadatkan dan dibentuk sesuai selera. Kebetulan bentuk tahu yang beredar disekitar kita berbentuk kotak. Tahu itu rendah kalori dan sumber yang baik dari berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, seng, besi, posfor, dan kalium. Hal ini karena kandungan tahu adalah kedelai.

Kedelai merupakan sumber makanan dengan kadar protein yang baik. Jumlah kandungan kedelai dalam tahu ini bervariasi tergantung proses pengolahannya. Nah, untuk selanjutnya admin akan menjelaskan apakah konsumsi tahu punya pengaruh terhadap kenaikan asam urat.

Benarkah, Konsumsi Tahu Dapat Menyebabkan Kenaikan Asam Urat?

Benarkah, Konsumsi Tahu Dapat Menyebabkan Kenaikan Asam Urat?

Benarkah, Konsumsi Tahu Dapat Menyebabkan Kenaikan Asam Urat?

Perlu diketahui terlebih dahulu temen temen, asam urat itu merupakan hasil olahan dari senyawa purin yang berlebih dalam tubuh dan biasanya kenaikan asam urat ini ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian persendian. Adapun yang menyebabkan kenaikan asam urat tersebut adalah salah satunya factor makanan, seperti kacang kacangan, jeroan, minuman beralkohol dan lain lainnya.

Yang jadi pertanyaannya, apakah penderita asam urat dapat mengkonsumsi tahu?

Di kalangan masyarakat telah muncul asumsi bahwa kacang kacangan dapat menyebabkan kenaikan asam urat. (Nah, itu mungkin benar). Sementara tahu sendiri merupakan makanan olahan dari kedelai yang juga merupakan kacang kacangan. Namun, perlu diketahui jenis kacang kacangan yang dimaksud tersebut adalah kacang kacangan yang mengandung senyawa purin atau senyawa yang dapat menghasilkan asam urat dan atau menghambat keluarnya asam urat melalui purin.

Kandungan kacang kedelai dalam tahu tidak mengandung senyawa tersebut. Dalam beberapa penelitian, kedelai tidak hanya kaya protein tapi juga mineral lainnya seperti kalsium, besi dan serat terlarut. Serat dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Di sisi lain Kacang kedelai dalam tahu mengandung senyawa isoflavon yang memiliki banyak khasiat. Isoflavon hanya terdapat pada kedelai saja. Senyawa isoflavon yang terdapat tersebut yaitu genistein dan daidzein. Senyawa ini memiliki struktur yang hampir sama dengan struktur estrogen. Sehingga senyawa ini dapat berinteraksi terhadap reseptor estrogen. Senyawa ini juga sering digunakan sebagai fitoestrogen. Jadi secara tak langsung tahu itu mengandung senyawa tersebut yah? Iya iyalah, (terus apa hubungannya?).

Penjelasannya seperti ini temen temen. Kita perlu ketahui ada beberapa penelitian yang menjelaskan tentang adanya pengaruh hormone estrogen dengan asam urat. Kenapa demikian? Nah ternyata hormone estrogen tersebut dapat juga membantu pengeluaran asam urat melalui urin. Jadi tahu yang merupakan olahan dari kedelai aman untuk asam urat dong!. Wah, penjelasannya ribet juga yah! Berdasarkan penjelasan, dapat disimpulkan tahu merupakan makanan yang mengandung protein nabati yang cukup baik. Sehingga sangat aman dikonsumsi bagi siapa saja karena memiliki banyak khasiat utama. Namun admin perlu sarankan, terutama bagi penderita kelebihan asam urat konsumsi tahu jangan terlalu berlebihan juga. Sesuatu yang berlebihan itu tak baik loh!!! Admin beritahu juga bahwa tahu punya banyak macam khasiat kesehatan nya selain aman untuk asam urat, juga aman untuk kolesterol, kanker, mencegah menopause dini dan masih banyak lagi khasiat yang tersembunyi dari bahan olahan kedelai ini.

baca juga : 10 Khasiat dan Manfaat Resep Makanan Sop Tahu Bagi Kesehatan

Cara konsumsi tahu juga dapat bermacam macam variasi, mulai dengan membuat tumisan kecap, oseng oseng tahu, mencampurkannya dalam sup dan sebagainya. Tergantung kreatifitas agar semua keluarga dapat merasakan lezatnya manfaat tahu ini. Hmm… (yummi!!!) jadi lapar membayangkannya. Semoga artikel ini bermanfaat yah!!! Wassalam.

Fitriani Fajri

Leave a Reply