0

Agar Daging Kurbanmu Tahan Lama dan Tetap Segar, Lakukan Cara Sederhana Ini

Di musim lebarah haji seperti ini tentu daging kurban akan menjadi makanan favorit bagi kalangan muslim. Bagaimana tidak selama tiga hari berturut-turut yakni 10,11 dan 12 Zulhijjah ditetapkan waktu hijriyah sebagai pelaksanaan idul kurban atau jadwal pemotongan hewan kurban bagi kaum muslim. Yang artinya ada banyak daging kurban yang akan didapat bagi kaum muslim baik bagi yang berkurban maupun yang tidak berkurban.

Nah, tentunya anda pasti pada bingung kan jika daging kurbanmu numpuk didapur. Yang rada-rada pusing mau diapain agar daging kurban yang di dapat bertahan lama dan tetap awet. Asal kamu tahu yah pada dasarnya daging itu bisa bertahan hingga 4-6 bulan jika cara menyimpannya benar. Nah agar kamu yang punya daging kurban bisa awet tahan lama, nih admin bagikan tips cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dan tetap segar yang dilansir dari wikihow.

Agar Daging Kurbanmu Tahan Lama dan Tetap Segar, Lakukan Cara Sederhana Ini

  1. Daging kurban yang anda dapatkan terlebih dahulu anda bersihkan. Yah namanya juga daging kurban biasanya dikerja ditanah lapang yang kurang higienis jadi biasanya daging kurban kadang bercampur benda asing.

    Agar Daging Kurbanmu Tahan Lama dan Tetap Segar, Lakukan Cara Sederhana Ini

    Agar Daging Kurbanmu Tahan Lama dan Tetap Segar, Lakukan Cara Sederhana Ini

  2. Setelah anda bersihkan dengan air mengalir, tiris atau keringkan sejenak dagingnya. Setelah kering anda potong dan pisahkan antara tulang dan dagingnya. Sebaiknya sebelum potong daging, terlebih dahulu cuci tangan anda agar tetap bersih dan steril.

    Meniris dan Memotong Daging

  3. Setelah terpotong gunakan kantong plastik/foil aluminium untuk mengemasnya agar daging bebas hampa udara dari dalam kemasan. Buang tulang atau pisahkan kemasan tulang dengan daging. karena tulang sangat banyak mengambill tempat.

    Kemas Daging

  4. Setelah itu, berikan label pada kemasan daging kurban. Label berisi tanggal pengemasan dan jenis daging kurban yang dikemas. Hal ini dapat mengantisipasi waktu tahan lama daging kurban yang dikemas kedalam freezer/pembekuan.

    Label Daging

  5. Sebelum memasukkan kedalam freezer terlebih dahulu atur ulang freezer/pembekuan kulkas sebaiknya dibawah -18 derajat celcius. Setelah itu, masukkan kemasan dagingnya dan atur sesuai jenis kemasan dagingnya.

    menyimpan daging di freezer

Demikianlah Tips cara menyimpan daging kurban agar tahan lama dan tetap segar. Jika menurut kalian tips ini sangat bermanfaat silahkan bagikan kepada yang lainnya. Terima Kasih.

 

Abd Rahman Rara

Leave a Reply