5 Objek Wisata Raja Ampat Papua Barat Terbaik Di Indonesia

Kepulauan Raja Ampat adalah gugusan empat barisan pulau yang jaraknya sangat dekat dimana lokasinya berada di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Secara tertulis dan peta, gugusan ini berada dilama lingkungan Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan raja ampat sangat terkenal dengan objek wisatanya yang terbaik dan terindah. Beberapa masyarakat indonesia sangat tergiur dengan keindahannya. Seperti Apakah objek wisata Raja Ampat tersebut.

Berikut 5 Objek Wisata Raja Ampat Papua Barat Terbaik Di Indonesia

  1. Objek Wisata Sorong
    Jika anda ingin menuju taman laut raja ampat maka kota inilah Inilah kota yang merupakan titik awal kunjungan Anda. Sorong adalah Kota Bagian Papua Barat yang dikenal dengan kota minyak. Sejak tahun 1908 kota ini sangat familiar dengan nama kota minyak hal ini disebabkan karena banyaknya surveyor minyak yang masuk ke kota ini untuk melakukan penambangan. Kota ini juga bagian dari peninggalan belanda yang disebut dengan Heritage Nederlands Neuw Guinea Maschcapeij (NNGPM). Merupakan perusahaan minyak belanda yang saat itu cukup terkenal untuk mengekspor minyak kebelahan dunia.

    Asal kota Nama Sorong berasal dari kata soren yang artinya Soren dalam bahasa Biak Numfor yang berarti laut yang daIam dan bergelombang. Kata Soren diberdayakan pertama kali oleh keturunan suku Biak Numfor. Suku ini dikenal dengan seorang pelaut ulung yang mampu berlayar dari pulau satu kepulau yang satunya. Hingga akhirnya menetap dikota ini.

    Sorong sangat dikenal dengan lautnya yang kaya dengan ikan tuna dan udang. Kota sangat terkenal dengan komoditas ekspor utama ikan tuna dan udang di indonesia. selain itu juga dikenal pembudidayaan mutiara, sirip hiu dan taripang. Selain itu juga merupakan pengekspor kayu sehingga dikenal dengan pengolah kayu lapis atau tripleks.

    Berikut objek wisata yang terkenal dikota sorong.  taman rekreasi pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya, Pulau Raam, Pulau Soop dan Pulau Doom yang terkenal dengan pantainya yang indah. Juga pulau Dofior yang terdapat Tugu Selamat Datang di Kota Sorong. Juga tembok Dofior yang terkenal dengan pemandangan panorama lout dan keindahan alam menjelang senja.

    Perahu Yang Digunakan Menuju Laut Raja Ampat

    Perahu Yang Digunakan Menuju Laut Raja Ampat

    Dermaga Kota Sorong Menuju Taman Laut Raja Ampat

    Dermaga Kota Sorong Menuju Taman Laut Raja Ampat

     

  2. Objek Wisata Desa Arborek
    Desa Arborek adalah pelopor utama 18 desa yang indah dan memukau yang berada di Papua Barat. Desa ini telah mengembangkan konservasi lokal kekayaan laut dengan basis dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Reputasi kearifan lokalnya sangat dipuji secara nasional bahkan international.
    Desa Arborek Sangat dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Sepanjang dermaga Arborek, anda akan melihat para penyelam yang mencari dan menemukan dengan mudah menemukan Gorgonia yang berkilauan tepat di bawah permukaan air. Orang-orang di Arborek yang dikenal dengan sikap keramahannya, mereka merupakan senima yang mampu membuat kerajinan dari daun pandan laut yang luar biasa menarik.

    Dermaga Arborek

    Dermaga Arborek

    Seekor ikan manta bermain di tepi pantai Kampung Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua Barat. Lokais ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

    Seekor ikan manta bermain di tepi pantai Kampung Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua Barat. Lokais ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

  3. Objek Wisata Kokas
    Kokas merupakan bagian kecamatan yang ada di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Kota ini baru bertumbuh sebagai masyarakat yang majemuk meliputi masyarakat nelayan asli Papua dan juga pendatang dari Buton, Maluku, dan beberapa daerah di sekitarnya. Sebuah pelabuhan laut dibangun untuk mendukung kegiatan perusahaan perminyakan di kota kecil ini. Pembangunan jelas terlihat tapi seolah kepariwisataannya masih terlelap walau berbinar.
    Kokas adalah bagian kota kecil yang memiliki sejarah panjang. Dahulu kokas adalah bagian dari bukti perang dunia kedua yang berada dibawah jajahan jepang. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah meriam peninggalan Jepang dengan tulisan “TOKYO MARUSEKO” dipasang di tepi pantai seolah menjadi simbol, selamat datang di Kokas.
    Kokas termasuk daerah yang kecil sehingga butuh transportasi yang mengangkut masyarakat ataupun wisatawan yang berkunjung dalam kota tersebut. Dengan transportasi khusus inilah yang menarik dari kota ini untuk dikunjungi.
    Objek wisata yang paling memukau ditempat ini adalah Air Terjun Kayumi. Air terjun ini bertempat di tepi jalan menuju Kokas dan dapat nikmati dari jembatan. Air terjun berjarak sekitar 150 meter dari jembatan sehingga sangat terjangkau untuk dikunjungi.
    Terdapat juga goa jepang kokas. Goa ini adalah bukti konkrit peninggaan negara jepang pada perang dunia ke II. Goa ini berada dikaki bukit. Selain itu pada daerah puncak bukit teradapat monumen peningglan perang dunia ke II yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.
    Terdapat 2 pulau yang dinilai oleh masyarakat setempat sangat mistis. pulau tersebut adalah pulau kap dan krek. Pulau ini konon pada setiap malam jum’at akan bersatu. sehingga masyarakat sana meyakini bahwa pulau tersebut adalah pulau yang dihuni oleh makhluk jin.
    ada pulu yang disebut dengan pulau ulgar. Pulau ulgar ini juga menyimpan berbagai cerita yang menarik. Terdapat lukisan berbentuk telapak tangan dan bentuk lainnya yang bisa disaksikan pada dinding cadas. telapan ini juga terdapat pada teluk kabui, waigeo dan raja ampat. yang semuanya memiliki nilai mistis yang berbeda-beda menurut warga lokal setempat.
    Objek wisata kokas ini sangat dekat dengan nama mistis. Karena hampir semua destinas wilahnya memiliki nilai-nilai sakral. Jika anda berkunjung tempat ini sebaiknya anda menggunakan jasa pemandu yang berada ditempat tersebut karena dikhawatirkan daerah mistis tersebut memang benar adanya sehingga bisa berdampak buruk pada anda.

    Salah satu tanda bukti peninggalan perang dunia ke II

    Salah satu tanda bukti peninggalan perang dunia ke II

  4. Objek Danau Kamaka
    Danau Kamaka berada di Desa Lomira atau Desa Kamaka tepatnya di Teluk Triton, Kaimana, Provinsi Papua Barat. Panjang Danau ini sekitar 30 kilometer dan memiliki lebar sekitar 1 kilometer. Danau ini membentang dari Desa Saria ke Desa Kamaka. Masyarakat lokal memberikan nama danau ini yaitu Danau Amafata.Yang menjadi daya tarik dari danau ini adalah proses pasang surut yang terjadi dalam jangka waktu yang lama yaitu sekitar 5 sampai 8 tahun. Ketika danau ini surut maka masyarakat tersebut bisa memanfaatkan danau ini untuk berkebun dan bertani. dan masyarakat sangat diuntungkan karena jenis flora seperti ikan dan udang serta kepiting bisa didapatkan pada danau ini. Anda bisa menggunakan danau ini untuk berenang karena airnya sangat jernih dan dingin.

    Danau Kamaka yang merupakan objek wisata yang unik dengan proses pasang surutnya terjadi 5 sampai 8 tahun

    Danau Kamaka yang merupakan objek wisata yang unik dengan proses pasang surutnya terjadi 5 sampai 8 tahun

  5. Objek Wisata Desa Sauwandarek
    Desa wisata Sauwandarek merupakan ibu kota kabupaten raja Ampat, Provinsi Papua Barat. keunikan dari desa ini yaitu terdapat 46 keluarga atau sekitar 179 penduduk yang masih tinggal di dalam rumah yang mana atap dari rumah mereka terbilang tradisional yaitu daun jerami.Yang menjadi kehebatan dari desa ini karena semua warga nya mampu membuat dan memproduksi topi dan tas yang berasal dari daun pandan laut. hasil dari produksinya inilah yang menjadi daya tarik sekaligus sumber income bagi masyarakat desa ini.
Nampak Seorang nenek sedang membuat tas dan topi dari daun pandang

Nampak Seorang nenek sedang membuat tas dan topi dari daun pandang

 

Rumah Perkampungan Desa Sauwandarek merupakan 5 Objek Wisata Raja Ampat Papua Barat Terbaik Di Indonesia

Rumah Perkampungan Desa Sauwandarek merupakan 5 Objek Wisata Raja Ampat Papua Barat Terbaik Di Indonesia

Demikianlah 5 objek wisata yang paling indah dan menarik bisa anda kunjungi di daerah Raja Ampat. Semoga bisa menjadi bekal untuk rencana kunjungan destinasi anda kelak ataupun saat ini.

Abd Rahman Rara