0

5 Kandungan Sawi Untuk Mengatasi Gangguan Asam Urat

5 Kandungan Sawi Untuk Mengatasi Gangguan Asam Urat | katakatamutiaracinta.net. Mendengar kata sawi, tentunya telah terbayang bentuknya seperti apa dan bagaimana warnanya. Ada yang berwarna hijau (dikenal sawi hijau) dan ada yang berwarna putih (dikenal sawi putih).  Dalam mengkonsumsi sawi kita dapat mencoba mencampurkannya dalam  banyak variasi sayuran. Ada yang menyukainya dengan membuatnya dengan camputan mie, nasi goreng, capcay, bakso, ditumis, atau dimasak biasa. Sawi dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi. Sawi merupakan salah satu dari banyak sayuran yang paling banyak dibudidaya di Indonesia. Jadi lebih mudah dijumpai di manapun. Nah, ternyata kandungan dari sawi baik hijau atau putih memiliki kandungan nutrisi yang baik khususnya untuk mengatasi asam urat. Perlu diketahui, penyakit  asam urat muncul pada diri seseorang apabila telah mengkonsumsi zat purin yang berlebihan (sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus loh!). Zat purin ini, di dalam tubuh akan berubah menjadi asam urat. Jika kadarnya berlebih maka ginjal tak akan mampu mengeluarkannya sehingga Kristal asam uarat tersebut akan berkumpul di persendian. Itu sebabnya orang yang dikatakan asam uratnya berlebih, akan merasakan sakit pada bagian persendian.

5 kandungan sawi untuk mengatasi gangguan asam urat

5 kandungan sawi untuk mengatasi gangguan asam urat

5 Kandungan Sawi Untuk Mengatasi Gangguan Asam Urat

Adapun 5 kandungan utama dari sawi yang dapat mengatasi gangguan asam urat adalah:

  1. Potassium

Sawi putih memiliki kandungan potassium yang tinggi. Potassium amat baik untuk penderita asam urat. Senyawa potassium dapat mengeluarkan asam urat melalui air seni.

  1. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam sawi hampir setara dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Mengkonsumsi satu cangkir sawi cukup untuk memenuhi 59 % kebutuhan tubuh akan vitamin C per hari. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berfungsi sebagai anti radikal bebas. Zat purin yang berlebihan dalam tubuh dapat dikeluarkan oleh adanya kandungan vitamin C yang baik pada sayuran sawi melalui air seni.

  1. Vitamin E

Sawi memiliki kandungan vitamin E yang amat baik. Vitamin E merupakan antioksidan utama dalam sel. Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga dapat menangkal adanya kelebihan zat purin dalam tubuh.

  1. Serat

Kandungan serat dalam sawi tak perlu diragukan lagi. Serat amat dibutuhkan dalam tubuh untuk mengangkut semua zat yang berbahaya dalam tubuh. di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu dan lemak yang berlebihan dan akan keluar dari tubuh melalui tinja. Nah, kandungan serat yang tinggi pada sawi juga dapat membawa kelebihan zat purin yang berlebihan di dalam darah dan membuangnya lewat ginjal.

  1. Fitonutrient

Kandungan fitonutrient dalam sawi putih dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan jalan melancarkan saluran kemih sehingga asam urat atau zat purin yang berlebihan dapat keluar bersama urin atau air seni.

Selain kelima kandungan tersebut, sawi memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik. Sawi unggul terhadap kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin K, asam folat, mineral mineral (mangan dan kalsium), dan masih banyak lagi kandungan nutrisi dari sawi yang tak terbayang manfaatnya pada kesehatan.  Jadi, bukan hanya untuk asam urat tapi  juga berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan yang lainnya diantaranya kanker, osteoporosis, diabetes, kolesterol, baik bagi ibu hamil, mencegah konstipasi (susah BAB) dan masih banyak manfaat kesehatan lainnya. Namun di sisi lain, sayuran sawi harus diwaspadai bagi seseorang yang penderita gangguan ginjal. Karena sawi mengandung oksalat yang dapat menyebabkan kristalisasi untuk selanjutnya akan membentuk batu. Kandungan oksalat juga akan menghambat terserapnya kalsium di dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin C pada sawi juga akan membentuk terjadinya oksalat. Jadi bagi penderita gangguan ginjal berhati hatilah mengkonsumsi sawi secara berleagusbihan (lagi lagi saya harus mengatakan berlebihan itu tak bagus).

Abd Rahman Rara

Leave a Reply