0

5 Contoh Soal Ukom dan Pembahasan Terbaru 2017

Ujian kompetensi periode 2 tahun 2017 sebentar lagi. Anda calon peserta pasti lagi mencari-cari contoh soal. Berikut kami bagikan 5 Contoh Soal Ukom dan Pembahasan Terbaru 2017 yang bisa membantu anda mempersiapkan ujian kompetensi periode 2017 ini.

5 Contoh Soal Ukom dan Pembahasan Terbaru 2017

                                                               5 Contoh Soal Ukom dan Pembahasan Terbaru 2017

5 Contoh Soal Ukom dan Pembahasan Terbaru 2017

  1. Seorang perempuan berusia 39 tahun dirawat di Ruangan Bedah dengan keluhan sakit kepala sebelah kiri. Hasil pengkajian mata kiri menonjol keluar dan penglihatan mata kiri berkurang, sakit pada mata kiri berdenyut, skala nyeri 7, TD: 140/80mmHg frekuensi nadi 88 x/menit, Suhu tubuh: 36oC, frekuensi napas: 20 kali/menit. Apakah masalah utama dari kasus tersebut?
    a. Perubahan persepsi sensori: penglihatan
    b. Hambatan mobilitas fisik
    c. Kurang pengetahuan
    d. Nyeri Kronis
    e. Kecemasan

Jawaban : d

Pembahasan: Nyeri kronik adalah nyeri konstan atau intermiten yang menetap sepanjang suatu periode tertentu, berlangsung lama, intensitas bervariasi, dan biasanya berlangsung lebih dari enam bulan. Pada kasus menyajikan data pasien mengalami gangguan pada mata kiri dan mengeluh nyeri berdenyut. Klien yang mengalami nyeri kronik akan mengalami periode remisi (gejala hilang sebagian atau keseluruhan) dan eksaserbasi (keparahan meningkat).

  1. Seorang perempuan berusia 25 tahun masuk RS mengatakan badannya terasa berat dan cepat lelah, Klien juga mengatakan tidak tahu dengan kondisi yang dialaminya, nampak terpasang oksigen 3L/menit, pengisian kapiler lebih dari 2 detik. setelah dilakukan pengkajian didapatkan data tekanan darah 160/90mmHg frekuensi nadi 88 kali/menit Suhu tubuh:36.7oC frekuensi napas:32 x/menit, Apakah masalah utama dari kasus tersebut?
    a. Penurunan Kardiac Output
    b. Perubahan pola nafas
    c. Kurang pengetahuan
    d. Kecemasan
    e. Nyeri

Jawaban : a

Pembahasan: Pada kasus pasien mengalami gangguan sirkulasi yang ditandai dengan pengisian kapiler lebih dari 2 detik. setelah dilakukan pengkajian didapatkan data tekanan darah 160/90mmHg. Salah satu gangguan sirkulasi dapat disebabkan oleh penurunan cardiac output yaitu kurangnya volume darah yang dipompa oleh tiap-tiap ventrikel per menit (bukan jumlah total darah yang dipompaoleh jantung). Curah jantung merupakan faktor utama yang harus diperhitungkan dalam sirkulasi, karena curah jantung mempunyai peranan penting dalam transportasi darah yang masuk ke dalam sel/jaringan.

  1. Seorang Laki-laki berusia 60 tahun masuk RS dengan keluhan lemas dan terdapat luka seluas 10x4cm pada telapak kaki kanan sejak satu minggu yang lalu, Pada masa muda klien mengatakan senang makan yang manis, memiliki riwayat penyakit diabetes dan tidak membersihkan lukanya dirumah karena tidak merasakan sakit pada lukanya. Hasil pengkajian ditemukan tekanan darah 180/80 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 15 kali/menit, suhu 36,5o Apakah tindakan pertama yang diberikan pada pasien tersebut?
    a. Memberikan informasi tentang komplikasi diabetes
    b. Memberikan informasi mengenai diet diabetes
    c. Mengajarkan senam kaki diabetes
    d. Menganjurkan tes gula darah
    e. Memberikan perawatan luka

Jawaban : e

Pembahasan: Data yang perlu diperhatikan bahwa pasien tidak membersihkan lukanya karena beranggapan tidak merasakan sakit (dapat disebabkan karena neuropati karena pasien memiliki riwayat DM). Untuk mencegah terjadinya proses infeksi, maka hal yang perlu dilakukan adalah memberikan perawatan luka.

  1. Seorang anak berusia 13 tahun diantar oleh orang tuanya masuk rumah sakit dengan keluhan badan panas dan malas makan sejak 3 hari yang lalu. Klien bertanya tentang kondisinya dan mengatakan kepalanya pusing. Setelah dilakukan pengkajian ditemukan tekanan darah 120/80 mmHg, frekuensi nadi 84 kali/menit, frekuensi pernafasan 18 kali/menit, Suhu 39o Apakah masalah utama pada pasien tersebut?
    a. Kurang Pengetahuan
    b. Perubahan Nutrisi
    c. Kecemasan
    d. Hipertermi
    e. Nyeri

Jawaban : d

Pembahasan: Dari data menjelaskan bahwa pasien mengeluh demam dengan suhu 39oC (hipertermi). Namun untuk masalah perubahan nutrisi belum mewakili data objektif bahwa pasien mengalami defisit nutrisi. Jadi untuk hal ini, masalah utama yang dihadapi pasien adalah hipertermi.

  1. Seorang perempuan usia 82 tahun masuk RS diantar oleh anaknya mengeluhkan sering pusing dan penglihatannya kabur  dialami sejak 5 bulan yang lalu dirasakan tiba-tiba, klien tidak mau beraktifitas  yang berat, klien mengatakan melihat kilatan-kilatan cahaya, riwayat DM dua tahun yang lalu pernah operasi katarak 15 tahun yang lalu, hasil pengkajian tekanan darah 160/90mmHg, nadi 80 kali/m, Suhu tubuh:36.5oC, napas:20 x/m.  Apakah masalah utama pada pasien tersebut?
    a. Gangguan persepsi sensori: penglihatan
    b. Kurang pengetahuan
    c. Hambatan mobilitas
    d. Kecemasan
    e. Nyeri

Jawaban : a

Pembahasan: Adanya gangguan pada penglihatan pasien dan riwayat operasi katarak mengindikasikan pasien mengalami gangguan perspsi sensori : penglihatan. Gangguan persepsi sensorik adalah perubahan jumlah pola dari stimulus yang masuk, disertai dengan respon yang berkurang, berlebihan, terdistorsi, atau menganggu rangsangan tersebut.

Demikianlah 5 Contoh Soal Ukom dan Pembahasan Terbaru 2017 yang kami bagikan kepada calon peserta ukom 2017 semoga bermanfaat dan kami doakan persiapan anda lancar dan sukses serta LULUS.

INGIN LEBIH BANYAK BELAJAR TENTANG SOAL-SOAL UKOM PLUS PEMBAHASANNYA SILAHKAN KLIK DISINI. 

Abd Rahman Rara

Leave a Reply