0

5 Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

5 Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat | katakatamutiaracinta.net. Asam urat, siapa sih yang tak tahu tentang kata ini? Banyak yang mengira bahwa asam urat adalah sebuah penyakit. Namun, ternyata tidak demikian. Asam urat merupakan produk akhir dari degradasi purin di mana sumbernya dari dalam tubuh atau makanan dan dianggap sebagai hasil buangan yang harus dikeluarkan. Nah, adanya jumlah asam urat yang berlebihan ini merupakan akibat dari kelebihan produksi atau karena eksresi yang rendah. Sumber purin adalah makanan, konversi asam nukleat jaringan ke nukleotida purin, dan hasil pembuatannya. Asam urat berasal dari makanan yang mengandung nucleoprotein, seperti usus (854 mg/100 g), babat dan limpa (470 mg/100 g), daging sapi (385 mg/100 g), paru (395 mg/100 g), kacang tanah (236 mg/100g), bayam, kangkung, daun melinjo (sekitar 300mg/100g), dan tahu tempe (sekitar 120 mg/100g). Istilah yang paling tepat untuk kelebihan asam urat ini adalah hiperuresemia. Apa ada yang udah tahu nggak? Siapa sajakah yang paling rentan mengalami penyakit asam urat ini? Penyakit ini rentan di alami oleh usia lanjut (itu dulu!). Bagaimana dengan sekarang? Menurut beberapa penelitian, di jaman edan ini penyakit ini mulai juga dialami oleh usia- usia produktif.

5 cara mengatasi asam urat

5 cara mengatasi asam urat

5 Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Berikut 5 cara mengatasi penyakit asam urat (hiperuresemia):

  1. Mengurangi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi.

Seperti yang diketahui sebelumnya asam urat merupakan hasil perpecahan dari senyawa  purin. Beberapa makan yang memiliki kandungan zat purin seperti bayam, jamur, kembang kol, kacang kacangan, dan makanan lain sebagainya. Lalu, pasien penyakit asam urat makan apa dong? Jangan khawatir, Tuhan itu selalu Adil. Dia ciptakan makanan yang dapat meningkatkan zat purin, Dia juga menciptakan makanan yang dapat menurunkan zat purin seperti Air putih, apel dan jeruk nifis.

  1. Mengurangi berat badan atau menghindari obesitas.

Sebaiknya orang dengan asam urat berlebih dapat mengurangi berat badannya yang berlebih pula sehingga berat badannya menjadi normal atau bahkan lebih rendah 10-15% dari berat badan normal (tapi tidak menyarankan untuk menjadi terlalu kurus juga yah!). jadi, disarankan olahraga yang teratur dan cukup.

  1. Minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Disarankan sebaiknya minum minimal sebanyak 8 gelas tiap hari. Saat bangun di pagi hari,  sebelum dan sesudah mandi, sebelum dan sesudah makan, dan sebelum tidur di malam hari.

  1. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak

Jika konsumsi lemak tidak dikurangi, maka pembakaran lemak menjadi energy akan menghasilkan keton yang bisa menghambat pengeluaran asam urat dalam tubuh. hati hati yah dengan makanan goreng gorengan.

  1. Mengurangi stress.

Bekerja yang terlampau keras dan juga stress dapat memicu serangan akut gout. Apalagi di saat kerjaan tersebut menjadi bahan pikiran yang berlarut larut. Disarankan hindarilah aktivitas yang melampaui batas kemampuan tubuh dan pikiran. Mulailah berfikir positif dan rileks. “Take easy” kata orang bilang.

Jadi apabila anda merasakan nyeri atau bengkak pada bagian persendian siku, lutut, jari jari kaki dan bagian belakang kaki yang bulat (mata kaki) maka sebaiknya kompres dengan air hangat dan garam serta periksakanlah kadar asam urat anda (sebaiknya memiliki alat check asam urat). Serangan tersebut biasanya terjadi pada malam hari yang mengakibatkan susahnya tidur. Serangan tersebut jika tidak diberi terapi akan sembuh atau berakhir kira kira 3 sampai 14 hari lamanya. Demikianlah artikel 5 cara mengatasi asam urat ini dibuat semoga dapat bermanfaat. Silahkan anda bagikan artikel agar orang lain dapat mendapatkan manfaat dari isi artikel ini.

Abd Rahman Rara

Leave a Reply