5 Bahaya Minum Air Menggunakan Gelas Retak Menurut Rasulullah

5 Bahaya Minum Air Menggunakan Gelas Retak Menurut Rasulullah adalah anjuran yang perlu diperhatikan oleh ummat Rasulullah karena berkaitan dengan kesehatan tubuh seseorang. Anjuran ini adalah bagian dari sikap umat islam agar kiranya selalu menjaga etika dalam keseharian. Perbuatan tersebut merupakan sunnah rasulullah dan apabila dijalankan akan mendapat berkah karena anjuran ini adalah bentuk kepedulian Rasulullah untuk kebaikan para ummatnya.

Didalam kitab Sunan Abu Dawud terdapat sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Sa’id Alkhudri r.a yang berkata,

“Rasulullah Saw melarang minum dari gelas yang retak/sumbing serta melarang meniup-niup minuman.” (1)

5 Bahaya Minum Air Menggunakan Gelas Retak Menurut Rasulullah

5 Bahaya Minum Air Menggunakan Gelas Retak Menurut Rasulullah

sumber gambar: http://www.freedigitalphotos.net/

5 Bahaya Minum Air Menggunakan Gelas Retak Menurut Rasulullah

Etika untuk tidak minum dengan menggunakan gelas yang retak adalah demi menjaga kemaslahatan orang yang minum. Karena minum dengan menggunakan gelas yang retak mengandung beberapa bahaya, diantaranya adalah:

Pertama: Bahaya yang menyerang air berupa kotoran atau bahan membahayakan lainnya yang dapat menggumpal pada retakan, tidak sebagaimana pada bagian gelas yang tidak retak.

Kedua: Gelas yang retak dapat mengganggu orang minum dengan menggunakan gelas tersebut, karena retakan itu membuat proses minum menjadi tidak sempurna.

Ketiga: Kotoran dan aroma yang tidak sedap dapat menggumpal di dalam retakan, karena bagian yang retak itu tidak terjangkau ketika gelas dicuci, tidak sebagaimana pada bagian gelas yang tidak retak.

Keempat: Retakan pada gelas adalah bagian paling tercela dari sebuah gelas dan ia juga menjadi bagian yang paling buruk dari gelas tersebut. sehingga bagian yang retak itu perlu dihindari dan beralih pada bagian yang retak. Karena bagian yang paling buruk dari segala sesuatu tidak akan ada kebaikan apapun didalamnya. Seseorang dari golongan salaf pernah melihat seseorang yang ingin membeli kebutuhan yang sifatnya buruk,  maka ia salaf itu memperingati orang itu, “janganlah anda mengerjakan hal itu, tidaklah anda mengetahui bahwa Allah Swt akan mencabut berkah dari segala hal yang buruk?’

Kelima: Retakan pada gelas bisa jadi memiliki bagian yang tajam yang dapat melukai bibir orang yang minum dengan gelas tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bahaya minum air gelas menurut anjuran dari Rasulullah. dengan mengetahui anjuran ini sebagai ummat rasulullah haruslah mengamalkan karena anjuran ini tentunya telah dicontohkan oleh baliau dan ditujukan kepada ummatnya untuk ditiru sekaligus bentuk kepedulian seseorang terhadap dirinya.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Larangan Rasulullah Minum Air Langsung Dari Wadah Air

**********************

Referensi:

1. Hadis ini ditakhrij oleh abu dawud (no. 3722)

2. Tata cara pengobatan Ala Nabi Praktis dan Lengkap

Abd Rahman Rara