0

5 Bahan Dapur Yang Cepat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

5 bahan dapur yang  cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).katakatamutiaracinta.net. Hipertensi adalah sebuah keadaan di mana tekanan darah lebih tinggi dari tekanan normal yaitu 120/80 mmHg. Nah adapun obat alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tersebut berada di sekitar kita misalnya di dapur. Berikut adalah 5 bahan dapur yang  cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

5 bahan dapur yang  cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Source : http://www.freedigitalphotos.net/images/mix-spices-and-herb-background-photo-p364553

5 bahan dapur yang  cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

  1. Bawang putih
5 Bahan Dapur Yang cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

5 Bahan Dapur Yang cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Image Source : https://phz8.petinsurance.com/-/media/all-phz-images/2016-images/garlic-bulbs850.jpg

Bahan dapur yang disebut bawang putih atau dengan nama latinnya Alii sativa bulbus berasal dari tanaman Allium sativum L.  Merupakan tanaman dengan tinggi 30-60 cm membentuk rumpun.

Khasiat Bawang Putih : Anti hipertensi, Antidiabet, Jantung coroner, Stroke, Menurunkan berat badan, Anti rematik, Meredakan insomnia, Membasmi cacing perut, Penangkal flu, dan ketidakseimbangan kolesterol dan kanker.

Senyawa yang terkandung di dalamnya adalah turunan cycteine yang berkaitan erat dengan senyawa g-glutamil dipeptide. Bawang putih mengandung 0,2% minyak atsiri yang berwarna kuning kecoklatan, dengan kompo­si­si utama adalah turunan asam a­mino yang mengandung sulfur (Alliin, 0,2-1%, dihitung terhadap bo­bot segar). Dalam proses destilasi atau pengirisan umbi, Alliin berubah men­jadi Allicin. Allicin adalah se­nya­wa yang mem­be­rikan bau khas bawang putih. Pemberian perlakuan enzim Allinase atau juga disebut Alliinase (yaitu enzim yang sangat spesifik terhadap Alliin), akan segera memecah Alliin menjadi Allicin, asam piruvat dan amonia. Sebenarnya Allicin bebas inilah yang berdaya sebagai anti bakteri.

Mekanismenya Sebagai Anti Hipertensi adalah seperti mekanisme ACE-I. Bawang putih menghambat pembentukan ACE. Untuk pemakaian segar: Bawang putih dihancurkan (dikunyah) atau dicincang karena aliin dan enzim alinase berada dalam sel yang berbeda sehingga untuk memberi reaksi perlu dihancurkan. Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi allicin membutuhkan sekitar 10 detik. Juga dapat dikonsumsi 4 g bawang putih segar setelah makan, 1 x sehari.

5 bahan dapur yang  cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

  1. Bawang merah

Source : http://www.freedigitalphotos.net/images/red-onion-on-the-wooden-background-photo-p422504

Tentu kalian semua telah mengetahui bahan dapur yang hobinya membuat orang yang mengirisnya dapat mengeluarkan air mata ini adalah Bawang merah (Alium cepa). Kandungan kimia yang terdapat dalam Bawang merah  yaitu vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium dan zat besi. Sebagaimana bawang putih di atas, bawang merah juga berkhasiat mengontrol tekanan darah. Hal itu karena mengandung juga senyawa alliin seperti pada bawang putih walau dalam kadar yang kecil. Selain itu juga mengandung antioksidan flavonol quarcetin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.  Pemanfaatannya yaitu dengan menjadikan lalapan atau bisa juga dengan menambahkan lebih banyak ke dalam masakan sehari-hari.

5 bahan dapur yang  cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

  1. Seledri

Bahan dapur yang dikenal dengan seledri, saladri, seleri, daun sop, daun soh (jawa), salada (sunda), celery, smallage (Inggris), qincai (cina) memiliki nama ilmiah, Apium graveolens L. Kandungan kimia yang dimiliki antara lain 1,5- 3% minyak atsiri (yang berisi 60 -70% limonene, pthalides dan β-selinene), flavor-glukoside (apiin), apigenin, kolin, lipase, asparagine, zat pahit, vitamin A, vitamin B, vitamin C, coumarins, furano coumarins (bergapten) dan flavonoids.

Herba ini bersifat hipotensif (Apigenin), pedas, dan sejuk. Tumbuhan ini berkhasiat antirematik, karminatif (peluruh angin) penghenti pendarahan (hemostatic), peluruh haid, antispasmodic, diuretic, penurun tekanan darah, dan urinary antiseptic, pemacu enzim pencernaan, afrodisiaka, serta sedatif,

Hasil penelitian di Jerman dan Cina selama tahun 1970- 1980 menunjukkan bahwa minyak atsiri yang terdapat dalam seledri mempunyai efek yang lembut pada system syaraf pusat dan berfungsi sebagai penurun tekanan darah.

Pemanfaatannya dalam pengobatan tekanan darah tinggi: Daun seledri dicuci dan dipotong-potong. Rebus dalam 2 gelas air hingga menjadi ¾ gelas. Setelah dingin lalu disaring dan diminum 2 kali sehari, masing masing separuhnya. Atau daunnya dimakan sebagai lalapan.

  1. Daun Salam

Di dapur kita biasa menemukan daun salam sebagai bahan penambah dalam pembuatan sayuran. Salam (Syzygium polyanthum) memiliki kandungan kimia antara lain minyak atsiri yang terdiri atas sitral, eugenol, tannin, dan flavonoid. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam  tanaman inilah yang berkhasiat sebagai antihipertensi (penurun tekanan darah). Bagian yang biasa digunakan pada tanaman ini yaitu daunnya, dengan cara merebus daunnya (keadaan bersih) dengan 2-3 gelas air hingga menjadi segelas air. Kemudian air rebusannya diminum hangat hangat.

5 bahan dapur yang  cepat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

  1. Kunyit

Source : http://www.freedigitalphotos.net/images/previews/turmeric-with-wood-spoon-powder-100431260.jpg

Saat kita berada di dapur, kebiasaan kita memasak ikan dengan menambahkan suatu bahan yang berwarna kuning. Nah, pasti kalian para pembaca apalagi yang punya kebiasaan nongkrong di dapur tahu bahan yang dimaksud? Betul sekali, kunyit (Curcuma domestica) merupakan tanaman yang banyak manfaatnya. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya adalah minyak atsiri yang terdiri atas golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen (meliputi zingiberin, alfa dan beta-turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%, monodesmetoksikurkumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi dan vitamin C. Pemanfaatannya sebagai antihipertensi yaitu dengan memarut ½ jari rimpang kunyit kemudian hasil parutan ditambahkan dengan sesendok madu. Aduk hingga rata lalu peras dan minum 2-3 kali sehari.

Semoga bermanfaat pengetahuannya…

Fitriani Fajri

Leave a Reply