0

5 Alasan Therapy Asam Urat Yang Tinggi Segera Dilakukan

Therapy asam urat sangat disarankan segera jika telah berusian diatas 40 tahun karena efek yang ditimbulkan cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Tanpa pencegahan sejak dini dan tanpa melakukan aksi mengurangi konsumsi penghasil kadar asam urat tinggi sangat mustahil therapy asam urat dapat berhasil.

Semua orang berpotensial menghasilkan Asam urat tinggi. Makanan yang serba instan serta tidak dibarengi dengan pola aktifitas yang tinggi seperti rutin olahraga atau senam membuat setiap orang rentan dengan penyakit asam urat. Terlebih lagi dengan terpaparnya berbagai polusi udara disekitar tempat tinggal membuat orang tersebut sangat mudah menderita penyakit asam urat tinggi.

Dengan berbagai kemudahan di era modern ini setiap makanan yang dihasilkan pasti berakibat buruk pada kondisi tubuh. Hampir setiap makanan saat ini memiliki zat formalin yang bisa mengakibatkan penurunan system imun dan pemicu dari zat karzinogen/kanker muncul dalam tubuh. Sehingga dengan keberadaan yang dianggap benda asing dalam tubuh melalui makanan menjadi pemicu munculnya asam urat yang tinggi dalam tubuh. Terlebih dengan konsumsi makanan berlemak membuat lemak esensial dalam tubuh kurang berproduksi sehingga penurun asam urat berkurang yang juga menjadi dasar asam urat dalam tubuh bisa tinggi.

Berbagai gaya hidup mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh tinggi, yang mana bisa berdampak pada kebutuhan aktifitas terganggu dan bahkan dapat mengarah pada penyakit yang lebih parah sehingga yang awalnya hanya dianggap biasa berubah menjadi luar biasa. Setiap orang pasti tidak menginginkan hal yang demikian. Dan pasti berbagai cara pun dilakukan ketika asam urat meningkat yang mana sifatnya akut pasti sejak dini keluhan yang dirasakan segera dilakukan melalui 3 langkah sederhana Menanggulangi asam urat.

Efek kurang nyaman, nyeri, bengkak, infeksi akan menjadi keluhan yang sangat eksklusif bagi orang yang terkena penyakit asam urat. Dan lebih parahnya daerah yang nyeri dan bengkak pada daerah pergerakan sendi seperti kaki dan lutut membuat orang tersebut tak bisa berbuat apa-apa dikarenakan efek yang ditimbulkan membuat orang tak mampu bergerak. Dan bahkan membuat orang menjadi demam, mual dan muntah. Jika efek dari kadar asam urat sudah mengarah kekeluhan seperti ini maka mau tidak mau tidak ada alasan lagi asam urat tidak ditherapy sejak dini. Olehnya itu pada artikel ini kami bagikan 5 alasan therapy asama urat tinggi segera dilakukan sejak dini.

5 alasan therapy asam urat yang tinggi segera dilakukan

5 alasan therapy asam urat yang tinggi segera dilakukan

Image courtesy of [Praisaeng] at FreeDigitalPhotos.net

5 alasan therapy asam urat tinggi segera dilakukan

  1. Untuk Mencegah resistensi asam urat dalam tubuh

Resistensi atau ketergantung kadar asam urat tinggi dalam tubuh bisa terjadi jika produksi protein dalam tubuh meningkat. Hal ini disebabkan karena protein yang masuk dalam tubuh tidak terkendali sehingga ginjal dan hati tak mampu melakukan metabolism secara terus menerus sehingga asam urat yang seharusnya dapat terbuang melalui keringat dan air mekcing itu tertahan di sela-sela persendian yang menyebabkan kekakuan pada sendi. Dukungan usia lanjut menjadi pemicu akan kejadian resistensi/ketergantungan dari asam urat mengkristal didaerah persendian. Hal ini perlu dilakukan penangan segera yaitu melalui olahraga rutin atau senam seminggu sekali sehingga kadar asam urat dapat ditolerir segera.

  1. Untuk Mencegah penyakit gagal ginjal

Organ ginjal adalah alat vital yang paling berjasa dalam pengeluaran asam urat dalam tubuh. Namun, bukan berarti dengan adanya ginjal membuat kadar asam urat dapat dengan mudah menurun dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa dengan seringnya seseorang terpapar makanan yang mengandung asam urat tinggi maka akan memperberat kerja ginjal untuk mengeluarkan hasil metabolisme dari asam urat tersebut yaitu purin. Belum lagi senyawa lain yang perlu dinetralisir oleh ginjal sehingga kerja ginjal menjadi berat. Olehnya itu, sejak dini therapy terhadap asam urat perlu dilakukan demi menjaga ginjal tetap bekerja sesuai dengan fungsinya.

  1. Untuk Mencegah infeksi pada daerah pembengkakan

Disaat tubuh mengalami peningkatatan asama urat maka jaringan yang berada pada daerah persendian mengalami pembengkakan. Hal ini disebabkan karena senyawa asama urat berupa Kristal mononatrium menstimulasi mediator kimia penyebab persepsi nyeri muncul dan tidak hanya itu mediator kimia ini menyebabkan jaringan daerah yang mengalami Kristal menyebabkan perusakan jaringan sehingga daerah tersebut mengalami pembangkakan dan juga mengalami infeksi. Jika sudah mencapai level infeksi maka tubuh menstimulasi dirinya menjadi demam dan tubuh akan mengalami ketidak seimbangan sehingga orang yang dengan asam urat akan mengalami keluhan bengkak pada daerah persendian atau muncul tofus/endapan kapur putih. Efek buruk dari keluhan ini menjadikan orang butuh perawatan intensif dan bila tidak dilakukan penanganan lebih keadaan akan semakin buruk. Olehnya itu, ketika seseorang terkena asam urat yang tinggi maka segara lakukan therapy asam urat sejak dini.

  1. Untuk Mencegah sendi ektremitas mengalami penuruna fungsi

Seperti diketahui diatas bahwa ketika terjadi asam urat tinggi maka asam urat mengalami kritalisasi dan pengapuran didaerah persendian. Dengan munculnya kristalisasi maka jaringan pada ektremitas tersebut mengalami cedera yang mana jika berlangsung lama maka jaringan tulang mengalami pengapuran atau pengeroposan. Dan efeknya adalah penurunan fungsi dari persendian tersebut. Sehingga ketika seseorang mengalami kadar asam urat dalam tubuh tinggi tidak ada alas an untuk segara dilakukan therapy asam dengan segera.

  1. Untuk mencegah nyeri hebat pada persendian yang terjadi dimalam dan pagi hari

Ketika terjadi pengkristalan pada daerah persendian jaringan yang berada disekitarnya mengalami kerusakan sehingga syaraf yang berada pada jaringan tersebut mempersepsikan otak untuk mengeluarkan keluhan nyeri. Nyeri yang ditimbulkan bukan nyeri biasa tapi nyeri yang hebat selain itu juga keram dan panas muncul pada daerah persendian. Munculnya nyeri ini akan muncul pada malam hari dan dipagi hari sehingga menyebabkan aktifitas terganggu dan kenyamanan untuk beristirahat pun terganggu. Dengan demikian ketika seseorang dengan kadar asam urat meningkat maka tidak ada alasan orang tersebut untuk segera melakukan therapy asam urat.

Baca Juga : 3 Langkah Sederhana Menanggulangi Asam Urat Yang Tinggi Dalam Tubuh

5 alasan therapy asam urat ketika kadarnya meningkat adalah sinyal bagi seseorang untuk selalu menjaga kesehatan melalui pengontrolan makanan sumber asam urat. Namun, jika sudah terlanjur mengonsumsi dan terjadi peningkatan kadar asam urat maka perlu dilakukan penanggulangan asam urat melalui 3 cara yaitu  Banyak konsumsi air hangat, Segera Kompres air hangat pada daerah yang bengkak dan Istirahat serta konsumsi herbal penurun kadar asam urat.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga menjadi tambahan ilmu buat para penderita asam urat tinggi dan juga masyarakat yang membaca artikel ini. Silahkan bagikan artikel supaya yang lain bisa merasakan manfaat dari artikel ini. Terima kasih, semoga kita sehat selalu.

Abd Rahman Rara

Leave a Reply