0

40 Kata Indah Tentang Pembentukan Karakter dan Jati Diri

40 Kata Indah Tentang Pembentukan Karakter dan Jati Diri – katakatamutiaracinta.net | Sering setiap orang mengalami kejenuhan dan kegalauan dalam menghadapi suatu masalah. Tidak menutup kemungkinan jalan yang ditempuh adalah mengarah pada hal-hal yang negatif seperti bunuh diri, berbuat kriminal, tindakan asusila dan lain sebagainya. Pada dasarnya hal ini timbul akibat karena karakter yang terbentuk dalam diri individu tersebut sanglatlah keropos dan rapuh. Terlebih lingkungan yang disekitarnya tidak mendukung individu tersebut ketika masalah yang dihadapi itu muncul.

Perlu suatu metode yang tepat sehingga karakter yang dimiliki oleh setiap orang terbentuk secara alami dan hasilnya teguh dan kuat. Menurut beberapa pakar psikolgi untuk menciptakan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai ketuhanan maka yang harus dilakukan adalah pendidikan dan dukungan moril kepada individu tersebut. Pendidikan sejak kecil haruslah diterapkan kepada anak. pembinaan serta pemberian keteladanan adalah bentuk konkrit dalam menciptakan karakter yang sempurna. Tentunya semua orang tua wajib menjadikan modal untuk menerapkan kepada generasinya. dan kemudian dukungan moril adalah jalan dan usaha yang nyata secara langsung ketika seseorang mengalami kejenuhan karena masalah yang dihadapinya melalui bentuk motivasi. motivasi tentunya bisa dalam bentuk pendanaan dan moril. dari 2 dukungan ini yang paling menyentuh adalah dukungan moril karena yang disentuh langsung adalah psikologis individu tersebut yang muaranya adalah mandiri dan produktifitas.

40 Kata Indah Tentang Pembentukan Karakter dan Jati Diri

40 Kata Indah Tentang Pembentukan Karakter dan Jati Diri

Dibawah ini salah satu bentuk dukungan moril kepada sahabat, teman, rekan, keluarga dan bahkan lawan melalui kata kata indah dengan harapan dukungan ini membentuk kembali karakter dan kepercayaan diri akan optimisme menghadapi segala cobaan dan tantangan yang diahadapi didepan matanya.

40 Kata Indah Tentang Pembentukan Karakter dan Jati Diri

Anda memiliki kuas, anda memiliki warna-warna, anda dapat melukis surga, dan kemudian masuk kedalamnya (nikos Kazantzakis)

Anda merupakan bagian dari alam semesta, tidak berbeda dengan peohonan dan bintang-bintang, dan anda memiliki hak untuk berada disini sekarang. Dan Entah hal ini jelas atau tidak bagi anda, tidak diragukan alam semesta akan menyingkap sebagaimana seharusnya. Oleh karena itu, berdamailah dengan tuhan, apapun bayangan anda mengenai-nya. Dan apapun usaha serta aspirasi anda, dalam kebisingan-kebingungan-kehidupan, berdamailah dalam jiwa anda. Dengan semua kebohongan, kerja keras, dan mimpi yang hancur, ia masih merupakan dunia indah. Bergembiralah. Berbahagialah. (max ermann)

Anda mesti bekerja sendiri, kalian semua, sampai anda memahami apa adanya dirimu, dan tidak tergantung pada segala sesuatu. Bersikap teguhlah. Jangan terlalu banyak menaruh kepentingan pada keberadaan fisik anda. Berikan makanan secukupnya; berikan tubuh makanan secukupnya, pakaian  secukupnya, hanya itu saja. Jadikan tubuh itu menyenangkan dan itu sudah cukup. Kalau tidak, kita akan selamanya terikat pada dimensi fisik. Apapun yang terlalu kita perhatikan, kita akan terikat dengannya. (guru ching hai)

Anda selalu berlebih-lebihan dalam pekerjaan. Anda tidak tahu kapan untuk berhenti. Inilah masalah yang sebenarnya. (guru ching hai)

Berikut ini adalah sifat dari pribadi-pribadi yang tegar: 1. Bertanggung jawab atas hidupnya sendiri, 2. Tanggap terhadap tantangan, 3. Memiliki harga diri dan kepercayaan yang tinggi, 4. Bersedia mengambil resiko, 5. Tegas dalam menghadapi kegalauan, 6. Bijak dalam menerima nikmat, 7. Memilah urusan pribadi dan pekerjaan, 8. Tahu bagaimana meminta bantuan, 9. Berpikir positif. (A.J. Dubrin)

Citra diri akan meningkat ketika anda menyelesaikan lebih banyak tugas tepat waktu dan tidak perlu membawa tugas-tugas tidak berguna dalam pikiran anda. (james lee valentine)

Di saat akal dan kesabaran tidak ada pada diri kalian, kedirian kalian akan mengajak pada kejahatan (jalaluddin rumi)

Hanya ada satu sudut di alam semesta ini yang pasti bisa anda perbaiki, dan itulah diri anda sendiri (alex huxley)

Harumnya setangkai bunga tak akan menentang angina, tatapi kehormatan dan nama baik seseorang terbang keseluruh dunia walaupun menentang angina. (budha gautama)

Ingin mengetahui anda ada kemajuan atau tidak, cukup melihat perubahan watak diri anda, keluasaan wawasan anda dan pengembangan kemurahan hari anda. Itulah kemajuan dan tingkat anda sesungguhnya. (guru ching hai)

Integritas seseorang diukur dengan tingkah lakunya bukan profesinya. (junius)

Jangan biarkan jati diri menyatu dengan pekerjaan anda. Jika pekerjaan anda lenyap, jati diri anda tidak akan pernah hilang. (Gordon van sauter)

Jangan terlalu mencemaskan kepercayaan diri anda. Cemaskan karakter anda. Integritas adalah imbalannya. (dr. laura schelessinger)

Jauh disana ada sinar matahari, disitulah aspirasi tertinggi anda. Anda mungkin tidak akan pernah mencapainya, tetapi anda dapat mendongak dan memandang keindahannya, mempercayainya serta berusaha mengikut arah petunjuknya. (james lee valentine)

Jika anda dapat membuat orang bahagia hari ini, anda juga membuat ia bahagia di waktu yang lain di saat mengingat kejadian itu. (Sydney smith)

Jika anda menginginkan orang lain merahasiakan rahasia anda, janganlah pernah menceritakan rahasia kepada orang lain. (seneca)

Kaca, porselen dan nama baik, adalah sesuatu yang gampang sekali pecah, dan tak akan dapat direkatkan kembali tanpa meninggalkan bekas yang Nampak. (Benjamin franklink)

Kalau mereka ingin menemuiku, aku ada disini. Kalau mereka ingin bertemu dengan pakaianku, bukalah lemariku dan tunjukkan pada mereka. (albert einsten)

Karakter tidak dapat diwariskan. Orang membangunnya dari demi hari dengan cara berfikir dan bertindak. (Helen gahagan douglas)

Kebanyakan orang mengatakan bahwa kecerdasanlah yang melahirkan seorang ilmuwan besar. Mereka salah, karakterlah yang melahirkannya. Tanda kecerdasan sejati bukanlah pengetahuan, tapi imajianasi. (albert enstein)

Kecakapan memungkinkan seseorang mencapai puncak, namun kepribadian menjadi salah satu hal yang akan mencegahnya jatuh (anonim)

Kedamaian tak terdapat di dunia luar, melainkan terdapat dalam jiwa manusia itu sendiri. (ralph waldo emerson)

Ketika karakter hilang, semua hilang. (billy graham)

Keuletan adalah kekuatan yang tak dapat terlihat, yang bisa menghadapi hambatan-hambatan yang besar. (david hebert lawrence)

Kopi itu pahit jika berdiri sendiri, tapi kopo menjadi enak apabila disandingkan dengan gula dan susu. Sebaik-baiknya kopi pahit dinilai dari sudut kepahitannya, tapi apabila ada kopi bersusu dan bergula, ia senantiasa lebih disukai dan akan terus disukai. (dr. HM. Tuah Iskandar Al-Haj)

Kreativitas mengobati kekacauan dalam hati. (pepatah tibet)

Lebih perhatikan karakter anda dibandingkan reputasi. Karena karakter adalah bagaimana diri anda sebenarnya, sementara reputasi hanyalah apa yang dipikirkan orang lain mengenal anda. (john wooden)

Manusia itu seperti kaca jendela yang bernoda. Mereka memantulkan cahaya da bersinar ketika matahari muncul, tetapi ketika kegelapan tiba, keindahan mereka sebenarnya akan tampak jika ada cahaya dari dalamnya. (Elizabeth kubler-boss)

Milikilah standar yang lebih tinggi dari pada yang diharapkan orang lain. (henry ward beecher)

Milikilah watak dan kemauan yang keras, tetapi berhati lembut. (Robert schuller)

Nilai manusia terletak pada apa yang bisa dia terima (alber enstein)

Orang yang tidak bisa merasakan pahit, tidak akan tahu bagaimana rasanya manis (pepatah jerman)

Perhatikanlah karakter anda, bukan reputasi anda. Karakter anda menunjukkan siapa anda yang sebenarnya, sedangkan reputasi anda hanyalah pikiran orang lain terlentang diri anda. (dale carnegia)

Pribadi kita membutuhkan suatu perspektif menuju masa depan. Tanpa kesempatan untuk berkembang, mereka akan pergi. (Donald burr)

Revolusi besar dalam karakter dari satu orang manusia akan membantu mencapai perubahan nasib suatu bangsa, dan lebih jauh, akan menyebabkan perubahan nasib seluruh umat manusia. (daisaku ikeda)

Saat kita membiarkan cahaya kita bersinar, kita secara tidak sadar memberi izin orang lain untuk melakukan hal yang sama. (nelson mandela)

Saya sering bertanya-tanya, bagaimana bisa semua orang mencintai dirinya sendiri lebih dari pada orang lain, tetapi masih saja kurang menghargai pendapatnya sendiri disbanding pendapat orang lain. (marcus aurelius)

Setiap kali sebuah nilai muncul, eksistensi memberikan arti baru. Setiap kali seseorang meninggal, beberapa dari arti tersebut menghilang. (joseph wood kruth)

Taburkan bibit pemikiran, anda akan menuai suatu tindakan. Taburkan bibit tindakan, anda akan menuai suatu watak. Taburkan bibit watak, anda akan menuai nasib. (ralph w. emerson)

Tiap manusia diciptakan memiliki karakteristik masing-masing menjadi berbeda satu dan yang lain, memiliki keunggulan tersndiri dan melakukan yang tidak dapat dilakukan yang lain (channing)

Walaupun kita pergi mencari keindahan dunia, janganlah lupa mambawa keindahan diri kita, atau kita tak akan dapat menemukannya (Robert w. emerson)

Warna dapat memenangkan, menentramkan dan membuat kita santai, mereka dapat membangkitkan energy, membuat kita aktif dan menyegarkan. Warna-warni dapat menyembuhkan, menambah semangat, memulihkan dan menyeimbangkan, warna-warni bicara kepada mereka yang siap mendengarkan. (Robert holden).

Abd Rahman Rara

Leave a Reply