0

3 Langkah Sederhana Menanggulangi Asam Urat Yang Tinggi Dalam Tubuh

Menanggulangi asam urat sangat disarankan bagi setiap orang terutama buat orang yang usianya sudah melewati 40 tahun. Hal ini juga menjadi perhatian buat para pecinta kacang-kacangan, seafood, jeroan dan sayuran yang berwarna hijau untuk segera ditanggulangi sejak dini penyakit asam urat.

Secara medis penyakit dari asam urat ada banyak jenisnya cuman yang sering terdengar dari masyarakat adalah asam urat tinggi dan rematik. Pada dasarnya berbeda antara rematik dan asam urat. Rematik bias disebabkan karena asam urat tinggi namun ketika seseorang asam urat tinggi belum tentu orang tersebut rematik.

Ketika seseorang mengonsumsi makanan penghasil asam urat seperti sayur bayam, kacang tanah atau jeroan terkadang tidak merasakan bahaya akan makanan tersebut. Dengan cita rasa eksklusif dari sumber penghasil asam urat membuat orang lupa akan efek dari makanan tersebut. Biasanya orang yang makan penghasil asam urat dapat dirasakan 4-8 jam kemudian. Muncul keram pada daerah persendian kaki atau lutut dan bahkan mengalami pembengkakan jika asam urat diatas 10 mg/dl. Dan ini cukup menyulitkan bagi orang yang dengan asam urat tinggi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan berbagai gejala dan keluhan yang dirasakan oleh orang yang telah mengkonsumsi sumber penghasil asam urat maka perlu dilakukan segera penanggulangan untuk mengurangi dampaknya. Karena jika tidak ditangani secepatnya bisa jadi dapat merusak ginjal dan bagian system gerak tubuh seperti persendian dan tulang. Dan yang lebih parahnya akan mengalami infeksi dan membuat orang akan merasakan demam, mual dan muntah.

3 Langkah Sederhana Menanggulangi Asam Urat Yang Tinggi Dalam Tubuh

3 Langkah Sederhana Menanggulangi Asam Urat Yang Tinggi Dalam Tubuh

Image courtesy of [iosphere] at FreeDigitalPhotos.net

3 Langkah Sederhana Menanggulangi Asam Urat Yang Tinggi Dalam Tubuh

Untu mencegah implikasi dari keluhan yang dirasakan diatas maka ada 3 langkah sederhana menanggulangi asam urat ketika asam urat dalam tubuh tinggi, yaitu:

  1. Banyak konsumsi air hangat

Air adalah zat eletrolit yang paling berpengaruh dalam tubuh manusia. Hampir 70-85% didalam tubuh diisi dengan air selebihnya diisi oleh cairan darah, plasma dan lainnya. Air hangat adalah air yang telah diproses melalui pemanasan dimana dengan adanya pemanasan dalam tubuh melalui konsumsi air hangat, maka metabolisme dalam tubuh cepat berproses. Dan secara otomatis tubuh mudah memproses seluruh senyawanya untuk bereaksi membuat sel-sel yang baru dan menggantikan sel-sel yang rusak. Begitupun dengan senyawa akhir dari protein berupa asam urat dalam tubuh mudah menyaringnya melalui ginjal untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Sehingga ketika seorang yang minum air hangat dan merasakan keringat keluar dan frekuensi BAK meningkatkan berarti efek dari minum air hangat berfungsi. Dengan demikian kadar asam urat dapat dikurangi melalui konsumsi air hangat yang banyak. Khusus untuk usia lanjut yang bak nya tidak terkendali lagi disarankan untuk menggunakan popok sehingga tidak mengganggu kenyamanannya dalam menanggulangi asam uratnya.

Ilustrasi Air hangat diseduh

Ilustrasi Air hangat diseduh

  1. Segera Kompres air hangat pada daerah yang dirasakan sakit dan bengkak

Ketika asam urat dalam tubuh meningkat, asam urat ini akan mengkristal dalam lapisan cairan synovial dan membuat sel-sel yang berada disekitarnya mengalami serangan. Dan hasil dari efek serangan ini membuat sel dan cairan dalam sel juga membentuk antibody untuk melawan dan akhirnya cairan sel menumpuk dan terjadilan yang namanya pembengkakan. Jika terjadi keluhan seperti ini maka segeralah menyiapkan air hangat dan kemudian ambillah kain yang serapan airnya bagus yang kemudian membasahinya dengan air hangat kemudian memerasnya sedikit dan selanjutnya membasuh dan mengompresnya pada daerah yang dirasakan sakit atau bengkak. Lakukanlah selama kurang lebih 5-10 menit perkali kompres. Jangan memijitnya karena akan menyebabkan bertambah parah bengkak dan nyerinya. Sebaiknya kompres saja karena perpindahan udara dari luar kedalam membuat otot terinstimulasi dan hormone dalam tubuh membentuk secara alami penurunan nyeri dan bengkak pada daerah tersebut. Jika bengkak dan nyerinya sudah kembali membaik hentikan kompresnya tapi kalau anda ingin melanjutkan silahkan saja. Dengan catatan air tetap terjaga kehangatannya.

Segera lakukan kompres hangat pada daerah kaki yang bengkak jika asam urat dalam tubuh meningkat

Segera lakukan kompres hangat pada daerah kaki yang bengkak jika asam urat dalam tubuh meningkat

  1. Istirahat dan konsumsi herbal penurun kadar asam urat

Langkah yang sederhana selanjutnya adalah istirahat. Dengan melakukan peristirahatan aktifitas pada derah yang mengalami nyeri atau pembengkakan maka sel-sel daerah tersebut mengalami proses maturasi atau peremejaan sehingga sel yang mati dapat cepat tergantikan dan disisi lain hormone dapat segera terjaga dan stabil yang membuat tubuh memproduksi secara alami obat untuk menanggulangi asam urat dalam tubuh. Dan sebelum istirahat/tidur sebaiknya konsumsi herbal penurun asam urat hal ini sangat berefek cepat terahadap penurun asam urat dan mengurangi pembengkakan pada daerah persendian. Makanan herbal yang terbaik adalah makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga efek dari bengkak dapat teratasi dengan cepat dan juga menurunkan pembengkakan pada daerah persendian yang dierang oleh asam urat.

Juice Wartel salah satu herbal untuk penurun asam urat

Juice Wartel salah satu herbal untuk penurun asam urat

Baca Juga: 5 Alasan Therapy Asam Urat Yang Tinggi Segera Dilakukan

Menanggulangi asam urat sangatlah sederhana dan tidak terlalu membutuhkan budget yang tinggi jika telah terjadi pada diri anda, namun bukan berarti konsumsi penghasil asam urat tidak dibatasi. Pada dasarnya setiap orang memiliki asam urat karena setiap akhir metabolisme protein dalam tubuh pasti menghasilkan yang namanya purin. Namun, jika protein yang masuk dalam tubuh terkendali maka asam urat yang dihasilkan terkendali pula. Jika ada tambahan asupan protein yang cukup tinggi dari luar melalui makanan sumber asam urat maka mau tidak mau anda pasti akan berhadapan dengan cara sederhana penanggulangan asam urat seperti yang telah dijelaskan diatas. Olehnya itu, batasi konsumsi sumber makanan asam urat jika tidak ingin mengalami yang namanya asam urat tinggi.

Demikianlah tips dari katakatamutiaracinta.net ini kami bagikan semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan kepada yang lainnya sehingga ikut merasakan manfaat dari artikel ini. Terima Kasih.

Abd Rahman Rara

Leave a Reply